Kesejahteraan Hewan Kurban Juga Perlu Dijaga

Kesejahteraan Hewan Kurban Juga Perlu Dijaga

  Selasa, 23 Agustus 2016 09:16
PENGARAHAN: Pihak Dinas Pertanian dan Pertenakan saat memberikan arahan prioritas kesejahteraan bagi hewan kurban, kemarin

Berita Terkait

KUBU RAYA —  Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya saat ini tengah meningkatkan koordinasi bersama instansi terkait untuk mengedukasi masyarakat dalam memperhatikan kesejahteraan hewan ternak sebelum dikurbankan pada saat perayaan Idul Adha mendatang.
”Dengan adanya sosialisasi  ini, saya harap semua pihak bisa mempersiapkan atau menyediakan hewan yang sehat dan layak sesuai dengan ketentuan untuk dikurbankan saat perayaan Idul Adha,” kata Gandhi Setyagraha kepada wartawan, Senin (22/8), usai menghadiri Sosialisasi Kesejahteraan Hewan pada Hewan Kurban di Aula Kantor Camat Sungai Raya.

Selain Dinas Perternakan Kalimantan Barat, tim pemeriksa kesehatan hewan dalam sosialisasi tersebut Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya juga mengundang para pengurus masjid, peternak termasuk pedagang hewan kurban.

”Selain hewan lokal, ada juga sebagian hewan ternak yang akan dikurbankan ini didatangkan dari Pulau Jawa, makanya penting bagi kami memberikan sosialisasi ini, agar semua pihak bisa sama-sama memprioritaskan kesejahtraan bagi hewan kurban," paparnya.

Sementara waktu fokus sosialisasi kesejahtraan hewan kurban ini dilakukan pada empat kecamatan seperti Kecamatan Sungai Raya, Sungai Ambang, Sungai Kakap dan Rasau Jaya.

Kesejahtraan pada hewan kurban dinilai penting, karena kata Gandhi pihaknya ingin memastikan setiap hewan ternak yang dipotong atau dikurbankan dalam keadaan sehat, cukup umur tidak cacat, aman dan layak dikonsumsi masyarakat.

”Mengenai kriteria hewan yang layak dikurbankan, saya pastikan setiap pengurus masjid juga sudah mengetahuinya. Meski begitu kami tetap akan melakukan pendampingan termasuk memantau setiap hewan ternak yang akan dikurbankan,” ungkapnya.

Setelah menggelar sosialisasi, nantinya tim pemeriksa kesehatan hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya  yang telah terbentuk akan turun kelapangan untuk memantau dan memeriksa langsung kesehatan setiap hewan ternak yang akan dikurbankan.

Sosialisasi tersebut diharapkan Gandhi, bisa meningkatkam koordinasi lintas sektor untuk menyajikan ternak atau hewan kurban yang layak sesuai denga ketentuan yang telah ditetapkan syariat agama dan pemerintah daerah setempat. 

"Soal berapa jumlah hewan ternak yang akan dikurbankan secara detail saya lupa jumlahnya, namun saat ini semua data mengenai hewan ternak yang akan dikuirbankan di Kubu Raya sudah kami laporkan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar. Dan selanjutnya nanti akan ada tim kesehatan yang akan turun langsung ke lapangan memeriksakan kondisi hewan yang akan dikurbankan tersebut," pungkasnya. (ash)

Berita Terkait