Kerugian Akibat Puting Beliang di Pontianak Utara Capai Puluhan Juta

Kerugian Akibat Puting Beliang di Pontianak Utara Capai Puluhan Juta

  Rabu, 31 Agustus 2016 21:29
RUSAK PARAH : Salah satu bangunan di Wilayah Pontianak Utara rusak parah akibat terjangan angin kencang pada, Selasa (30/8) lalu.

Berita Terkait

PONTIANAK-Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi, Selasa (30/8) juga membuat sejumlah rumah di Pontianak Utara rusak parah.

Lurah Batu Layang, Hendra Feilani mengungkapkan, ada beberapa lokasi di wilayahnya yang terdampak puting beliung. Pendataan terhadap rumah yang rusak akibat hal tersebut baru selesai dilakukan pada, Rabu (31/8) sore.

Pertama di Jalan Panca Bhakti ada dua rumah yang roboh hingga rata dengan tanah, kerugian diperkirakan mencapai Rp30 juta. "Lalu di Gang Karya Usaha ada satu rumah yang atapnya rusak, perkiraan ada tujuh keping atap seng harus diganti," katanya.

Kemudian di Jalan kebangkitan Nasional satu rumah di RT.01/RW.04 memerlukan sekitar 25 atap seng pengganti. Sementara di RT.05/RW.05 ada satu bangunan lagi yang runtuh hingga rata dengan tanah. "Kerugian diperkirakan mencapai Rp20 juta, untuk lebih mendetilnya dimohon pihak terkait dapat meninjau ke lokasi," harapnya.

Bahkan lanjut dia, ada satu bangunan pesantren, tepatnya pesantren Darul Tauhid di Jalan Panca Bhakti, Gang Hidayah 4, RT.05/RW.12 hancur dan roboh. Panjang bangunan 21 meter dan lebar 10 meter, kerugian ditaksir mencapai Rp20 juta.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Pontianak Aswin Thaufik mengatakan, dari data yang dihimpun pihaknya, dampak angin kencang pada, Selasa (30/8) telah merusak 61 rumah di wilayah Kota Pontianak. Yaitu di Kecamatan Pontianak Kota, Barat, Utara dan Timur.

Menurutnya Pemkot Pontianak akan memberi bantuan berupa atap seng sesuai kondisi kerusakan. Untuk itu telah dilakukan pendataan dan disiapkan ribuan keping atap sang. Pemberian bantuan sudah mulai berlangsung, Rabu (31/8).(bar)

Berita Terkait