Kerja Rumahan Sambil Jaga Anak

Kerja Rumahan Sambil Jaga Anak

  Senin, 18 April 2016 09:45

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk tetap bekerja, sembari menjaga anak-anaknya dirumah. Tentu saja pekerjaan yang dipilih harus selektif, agar bisa menyesuaikan dengan kondisi mereka. Demikian pula sejumlah responden yang ditemui For Her. Dari yang menerima pesanan makanan, hingga berjualan online. 

Oleh : Marsita Riandini

BAGI beberapa wanita, bekerja di luar adalah salah satu cara untuk menunjukkan kontribusi penting seorang ibu bagi keluarganya. Dengan bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, seorang wanita bisa membantu menambah tabungan keluarga agar makin sejahtera.  Apalagi lagi jika suami memberikan keleluasaan bagi istrinya untuk bisa mengasah kemampuannya sendiri.

Tapi banyak pula yang memilih berhenti bekerja demi fokus pada keluarganya. Meskipun demikian, hal tersebut tak menghalangi mereka untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah. Apakah itu sebatas untuk mengisi waktu luang, tetapi ada pula yang mampu membantu pengeluaran bulanan. 

Reni Wijayanti (33 tahun) sejak menikah tak lagi bekerja. Mantan karyawan di salah satu perusahaan swastwa ini mengaku cukup kesulitan pada awalnya untuk menyesuaikan diri. “Tadinya khan bekerja, lalu harus berdiam dirumah. Memang sama-sama sibuk, tetapi khan kesibukannya beda,” ucap dia. 

Ketika usia anaknya menginjak usia sekolah dasar, dirinya pun mulai mencari kesibukkan lain, tetapi tetap fokus pada keluarga. “Kebetulan saya suka belanja dan ngikutin fashion yang lagi tren. Saya akhirnya pilih dagang baju. Tidak mulai banyak-banyak sih. Soalnya khan jualannya paling ke keluarga dan tetangga dekat saja,” ungkap warga Perum 1 ini. 

Meskipun begitu, lanjut dia bukan berarti tak ada kendala. Kadang kala ketika ada yang datang memilah-memilih baju, anaknya pun pulang sekolah. “Untungnya sekolah anak saya dekat. Kadang kalau anak lagi pulang sekolah mau makan, sementara dirumah ada yang datang lihat-lihat pakaian,” ucap dia. 

Berbeda dengan Dilla (25 tahun), ibu satu anak ini memilih bergabung untuk berbisnis produk kosmetik yang sedang tren saat ini. Alasannya, lanjut dia bisnis produk tersebut tidak mengharuskan dia meninggalkan rumah, ataupun meninggalkan anak-anaknya. “Bergabungnya baru sih, Cuma kenapa tertarik karena produk itu sudah dikenal, dan kualitasnnya bagus,”ucap warga Siantan ini. 

Sembari mengurus rumah tangganya, Dilla pun mempromosikan lewat smartphone miliknya. “Sekarang khan dipermudah adanya smartphone. Promosi lewat online. Kalau pesanan datang diantarin, kalau tidak ya si pembeli yang datang,” ucapnya. 

Menentukan pilihan keluarga atau karir menjadi masalah bagi perempuan yang baru berumah tangga. Tuntutan menjadi seorang istri dan ibu yang bertanggung jawab terkadang bentrok dengan keinginan untuk meneruskan karir yang sudah dirintis sejak dulu. Tetapi itu bukanlah menjadi soal, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk tetap bekerja. Seperti yang dilakukan oleh Kamila (40 tahun). Sudah dua tahun terakhir dia menerima pesanan kue untuk sejumlah acara. “Anak saya kebetulan sudah besar, sudah bisa main sendiri. Tidak harus diawasi terus. Kebetulan hobi masak, jadi bisa tetap kerja di rumah, jaga anak,” ungkapnya yang berhenti bekerja ketika anak pertamanya lahir. 

Baginya bekerja hanya mengisi waktu luang saja dirumah. Anak-anak dan suami tetap menjadi prioritas. “Untuk kebutuhan rumah tangga tetap suami yang penuhi. Hanya saja, kalau berdiam diri dirumah apalagi ketika anak sekolah, rasanya bosan. Tapi pesanan sih tidak selalu ada, jarang-jarang,” pungkas warga Sungai Jawi ini. **

10 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Dari Rumah

Di kondisi perekonomian yang sedang sulit, dibutuhkan keterampilan dan kreativitas lebih untuk menghasilkan pemasukan. Apalagi kini harga barang serba mahal, ibu rumah tangga jadi harus berputar otak untuk membantu suami menangani pengeluaran. Ada beberapa cara untuk menambah penghasilan keluarga tanpa harus meninggalkan pekerjaan rumah tangga. Pekerjaan sampingan ini bisa dilakukan dari rumah sembari tetap beraktivitas biasa. Seperti dikutip dari Guardian.com, inilah beberapa ide pekerjaan sampingan yang mungkin cocok untuk Anda.

Mengumpulkan barang bekas

Beberapa barang bekas bisa dikumpulkan dan dijual kembali. Penjual barang bekas ini beragam, mulai dari kategori barang antik, baju bekas, tas bekas, barang-barang bayi bekas, semuanya yang kondisinya masih bagus bisa dijual. Di manakah menjualnya? Anda tak perlu repot meninggalkan rumah karena barang-barang tersebut bisa dijual via internet. Tinggal membuka akun Facebook atau bergabung di situs khusus yang menjadi media atau perantara penjualan barang. Mengisi deskripsi barang yang akan dijual, dan tinggal menunggu transaksi di jalankan.

Penitipan anak

Apabila ada tetangga Anda yang merasa kesulitan menjaga anak ketika sedang bekerja, sediakan waktu untuk menjaga dan menjadi penitipan anak. Batasi jumlah anak yang harus dijaga agar Anda tidak kewalahan, dan sepakati terlebih dahulu waktu, kebiasaan makan, history kesehatan, dan lain sebagainya sehingga tidak ada problem yang akan muncul nantinya.

Buka usaha catering

Tidak perlu buka usaha catering besaran dulu, sediakan saja menu-menu masakan rumahan harian untuk tetangga Anda yang mungkin sudah tak punya waktu untuk memasak.

Jual kosmetik

Bisnis penjualan kosmetik saat ini sedang marak di Indonesia. Anda bisa bergabung bersama beberapa perusahaan kosmetik dengan sistem penjualan door to door untuk mendapatkan keuntungan ganda.

Data entry

Beberapa perusahaan membutuhkan jasa data entry yang tak mengharuskan Anda untuk berada di kantor. Anda bisa melakukannya via internet dan menitipkan CV Anda di internet.

Menjual tanaman

Atur taman sedemikian rupa kemudian mulai menanam aneka bunga-bunga di pot-pot kecil. Jika sudah tumbuh, Anda bisa menjualnya dengan harga 5ribu - 10 ribu rupiah. Kedengarannya sepele, tetapi usaha ini cukup ampuh menambah pundi-pundi uang belanja Anda.

Garage sale

Tradisi ini mungkin biasa dilakukan di luar negeri, tetapi Anda juga bisa melakukannya di rumah Anda. Cari barang-barang yang masih bagus dan sudah tidak terpakai lagi. Beri label harga dan pamerkan di carport atau garasi rumah Anda. Siapa tahu ada tetangga yang membutuhkannya.

Jasa laundry

Laundry rumahan juga cukup efektif lho untuk membantu menambah pundi-pundi Anda.

Party organizer

Buat saja spanduk sederhana yang menginfokan bahwa Anda bisa membuat rencana cantik untuk pesta ulang tahun anak. Iklankan pula di beberapa social media. Semua hal bisa dimanfaatkan kalau Anda mau dan benar-benar berusaha. Andapun tak perlu sampai takut berlebihan soal urusan tambahan penghasilan ini. Asal ada niat dan usaha, penghasilan tambahan akan dengan mudah Anda peroleh.

Bikin kue

Membuat aneka kue dan snack lain kemudian membuka stand kecil di teras rumah juga bisa jadi ide yang bagus lho. Apalagi di sekitar rumah Anda banyak anak kecil yang suka jajan. Anda bisa sekalian membuat aneka jajanan sehat sehingga orang tua mereka mau jadi langganan Anda. (*/bbsb)