Kerja Bhakti Bersama Warga Jalan Siam

Kerja Bhakti Bersama Warga Jalan Siam

  Senin, 14 November 2016 09:30
KERJA BAKTI: RS Kharitas Bhakti dan Yayasan Pemadam Kebakaran Mitra Bhakti melakukan bakti sosial membersihkan drainase dan pemeriksaan darah gratis, kemarin. IST

Berita Terkait

PONTIANAK-Rumah Sakit Kharitas Bhakti bersama Yayasan Pemadam Kebakaran Mitra Bhakti mengadakan kegiatan periksa darah gratis dan kerja bhakti bersama warga sekitaran Jalan Siam, Kelurahan Benua Melayu Darat, Kecamatan Pontianak Selatan, Sabtu-Minggu pagi (12-13/11).

“Kegiatan ini dua hari. Dimulai pada Sabtu dengan pengecekan darah gratis bagi warga setempat. Hari ini (minggu) kemarin kita bersama warga kerja bakti bersihkan saluran parit,” ucap Ketua Yayasan Pemadam Kebakaran Mitra Bhakti, Heng Lian Ang.

Kepala Seksi Sosial di Rumah Sakit Kharitas Bhakti itu mengungkapkan, dari 135 voucher periksa darah yang dibagikan nyatanya tak bersisa. Semua warga lakukan periksa darah. “Di Jalan Siam ini ada dua yayasan, pertama RS Kharitas Bhakti dan pemadam kebakaran Mitra Bhakti. Kami ingin bersinergi untuk memberi manfaat kepada lingkungan sekitar. Itu karena kebersihan dan kesehatan ada hubungannya,” tandasnya.

Untuk kerja bakti dikatakan dia, semua warga Jalan Siam turun ke lapangan. Dari kerja bakti itu, kurang lebih terkumpul 5 ratus karung sampah berisikan sampah plastik.

Untuk pengangkutannya, pihaknya telah kerjasama dengan Dinas Kebersihan. Rencananya kata dia, ratusan sampah ini akan segera diangkut petugas Dinas Kebersihan untuk dibuang ke tempat sampah.

Melihat banyaknya sampah yang terkumpul di wilayah ini, harapan dia, masyarakat setempat tak lagi buang sampah sembarangan. Setelah saluran dibersihkan mereka dapat merasakan dampaknya. Salah satunya saluran tak tersumbat.

Meski kerjanya dirasa sudah maksimal, namun ada beberapa saluran yang belum tembus karena mengalami sumbatan. “Saluran yang sumbat itu kita bersihkan menggunakan mesin air,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan adanya kerja bakti ini semoga bisa menjadi edukasi agar masyarakat tak lagi buang sampah sembarangan. “Kita mengajak masyarakat untuk sama-sama jaga kebersihan. Sekarang mereka bisa merasakan kelancaran dari pembuanga airnya. Semoga dengan tindakan ini, ke depan masyarakat lebih peka menjaga lingkungan sekitar,” tutupnya.(iza) 

Berita Terkait