Keris Sakti Berharga Rp10 Juta

Keris Sakti Berharga Rp10 Juta

  Rabu, 27 July 2016 09:50

Berita Terkait

PONTIANAK - Seorang warga Sintang, Ayi Sukmawan menjadi korban penipuan. Ia ditawari sebilah keris berkhasiat kekebalan dengan harga Rp10 juta. Seolah tak sadarkan diri, ia dengan sadar membayar keris warna kuning yang diketahui hanyalah senjata biasa. 

Kejadian itu dialami korban ketika berada di Jalan Imam Bonjol, Pontianak. Pada Kamis, 21 Juli lalu didatangi empat orang tak dikenal. Salah satu dari keempat orang itu mendekatinya dan meminta kepada korban untuk mengantarkan ke tempat penukaran uang. 

Tanpa menyadari ada niat jahat dari empat orang tak dikenal itu, korban pun akhirnya mengantarkan keempat orang itu pergi ke tempat penukaran uang. Namun dalam perjalanan di Gang Peniti, Jalan Imam Bonjol, pelaku meminta korban berhenti. 

Oleh pelaku, korban lalu ditawari sebilah keris yang diakui memiliki khasiat kekebalan bagi pemiliknya. Tanpa rasa curiga dan seperti sudah tak berdaya, korban lalu membeli keris berwana emas itu dengan harga Rp10 juta. 

Kapolsek Pontianak Selatan AKP Ridho Hidayat mengatakan, setelah menyerahkan uang, keempat pelaku melarikan diri, korban akhirnya tersadar dan merasa tertipu dengan barang yang dijual. 

“Korban yang saat itu tersadar dan merasa menjadi korban penipuan langsung melaporkan kasus yang dialaminya,” kata Ridho, Selasa (26/7). 

Ridho menuturkan berdasarkan laporan itu, dilakukan penyelidikan dan penyidikan dengan meminta keterangan saksi yang mengetahui ciri-ciri dan identitas keempat pelaku penipuan. 

“Berdasarkan keterangan saksi dan petunjuk di lokasi kejadian didapatlah ciri-ciri dan identitas salah satu pelaku,” tuturnya. 

Berdasarkan petunjuk itu, lanjut dia, didapat informasi bahwa terduga pelaku berada di kediamannya di Jalan Danau Sentarum, sehingga dilakukan penangkapan. “Satu terduga pelaku, Mj ditangkap dan yang bersangkutan telah mengakui perbuatannya,” ucap, Ridho. 

Ridho menuturkan, dari keterangannya, tersangka mengaku bahwa perbuatan tersebut dilakukan bersama tiga rekannya yang saat ini telah dinyatakan masuk dalam daftar pencarian orang. “Barang bukti yang disita dari tangan tersangka sebilah keris kecil dan silet,” ungkapnya. 

Ridho menegaskan pihaknya akan melakukan pengejaran untuk menangkap ketiga pelaku yang saat ini telah melarikan diri. “Untuk Mj, akan dikenakan pasal 378 dengan ancaman pidana penjara dengan ancaman pidana penjara empat tahun,” tegasnya. (adg) 

Berita Terkait