Kepegawaian Tetap Ajukan Formasi CPNS

Kepegawaian Tetap Ajukan Formasi CPNS

  Sabtu, 20 February 2016 09:58
Gambar dari JawaPos

Berita Terkait

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Barat mengajukan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil setiap tahunnya. Pada tahun ini akan diajukan sedikitnya 100 formasi.“Setiap tahun kami mengajukan formasi. Tapi kan yang menjawabnya Menteri PAN dan RB,” ujar Kartius, kemarin.Menurut Kartius, formasi yang diajukan setiap tahun yakni bidang kesehatan, planologi, dokter hewan dan lainnya. Tetapi terkadang ada juga formasi yang tak dibuka, walaupun telah diajukan.

Kartius mengatakan pengajuan ini dikarenakan sedikitnya 100 pegawai pensiun setiap tahunnya. Tahun ini sebanyak 50 pejabat eselon tiga dan empat pensiun. Moratorium yang dilaksanakan selama lima tahun menyebabkan Pemerintah Provinsi Kalbar mengalami minus pegawai.“Coba menteri itu ke daerah pedalaman. Suruh ke Jelai Hulu, Manis Mata, dan lainnya. Di sana kekurangan guru, tenaga kesehatan, dan lainnya,” ungkap Kartius yang pernah menjadi Penjabat Bupati Ketapang ini.

Kartius mengatakan menciptakan pejabat eselon tiga dan empat tak mudah. Diperlukan orang berpengalaman, berkualitas, dan loyal.“Kecuali selevel menteri, terserah siapa saja. Untuk pejabat eselon ini ada pengalaman dan aturan main,” kata Kartius.Mantan Asisten III Setda Provinsi Kalbar menuturkan persoalan honorer K2 di lingkungan Pemprov Kalbar sudah beres. Tak ada persoalan seperti di daerah lainnya. Jika pun ada persoalan honorer K2 yang belum beres di kabupaten kota, seharusnya cukup pemerintah daerah yang menyelesaikannya.“Jika mau dites lagi, cukup pemerintah daerah yang menyelenggarakan tesnya. Tak perlu pemerintah pusat. Pemerintah pusat cukup mengurus persoalan besar seperti di perbatasan,” tutur Kartius.Kartius menambahkan jika kebijakan itu terhambat undang-undang, seharusnya bisa diselesaikan. (uni)

 

Berita Terkait