Kentucky Kid Gantikan Pedrosa

Kentucky Kid Gantikan Pedrosa

  Rabu, 19 Oktober 2016 09:30
Nicky Hayden

Berita Terkait

PHILLIP ISLAND--Sang juara dunia MotoGP 2006 kembali. Setelah sempat menggantikan pembalap Marc VDS Jack Miller di seri Aragon, kini HRC kembali memanggil Nicky Hayden untuk mengisi kursi balap Daniel Pedrosa yang masih dalam proses pemulihan pasca operasi patah tulang selangka akibat kecelakaan di sesi latihan GP Jepang akhir pekan lalu.

Hayden yang memutuskan pensiun dari kelas premium akhir musim lalu kini membela bendera Honda di World Superbike (WSBK). Sebelum pensiun rider Amerika Serikat itu membalap untuk tim Aspar mengendarai RC213V-RS, motor depan spek satu level di bawah RC213V tunggangan rider tim pabrikan.

''Pertama doaku untuk kesembuhan Dani. Aku yakin dia akan kembali dalam kondisi lebih kuat dari sebelumnya,'' ucap pembalap 35 tahun tersebut. ''Bagiku panggilan ini berarti kerja keras sedang menantiku di Austalia. Tapi ini adalah peluang, 10 tahun setelah merengkuh gelar juaraku dan kembali ke tim impianku,'' tambahnya seperi dilansir Crash.  

Hayden mengatakan membalap lagi bersama tim Repsol Honda adalah momen emosional. Karena itu dia berjanji akan bekerja maksimal untuk mendapatkan hasil maksimal di Austalia. ''Tentang Phillip Island ada dua hal yang harus dipahami: cuaca dan ban. Tapi aku menyukai trek ini dan aku sudah tidak sabar membalap di sana,'' paparnya.  

Bagi Honda pemanggilan Hayden untuk menggantikan Pedrosa bukan tanpa alasan. Saat ini Yamaha sedang mengincar juara konstruktor dan tim. Dengan absennya Pedrosa peluang mereka untuk mendapatkan poin maksimal bisa terganggu. Sedangkan di Jepang saat menurukan Hiroshi Aoyama, pembalap Jepang itu tak mampu bersaing dengan para Alien.

Poin konstruktor sendiri ditentukan oleh pembalap pengguna motor pabrikan tertentu yang finis terdepan. Meskipun berbeda tim. Saat ini Honda unggul 28 poin dari Yamaha. 

Sementara itu, di pemberhentian kedua rangkaian balapan tiga seri beruntun MotoGP di Australia akhir pekan ini Michelin akan menyediakan ban spesial untuk lomba 27 lap tersebut.

Seri 16 MotoGP di Phillip Island akan menjadi balapan pertama dimana Michelin resmi menyeponsori balapan MotoGP di Austalia. Dengan karakter sirkuit cepat pabrikan Prancis tersebut merancang ban baru yang pas dengan konfigurasi serta permukaan aspal trek sepanjang 4,448 kilometer itu.

Dengan informasi yang terkumpul dari hasil tes awal musim ini, Michelin memproduksi tiga jenis ban depan dan dua ban belakang. Tiga kompon ban depan dengan kode produksi Michelin Power Slick itu terdiri atas soft (pelipit putih), medium (polos), dan hard (pelipit kuning). Untuk menghadapi tantangan di tikungan ke kiri yang lebih banyak (7) dan ke kanan (5) permukaan ban depan juga dibuat asimetris. Lebih keras pada bagian kirinya.

Untuk mengimbangi ban depan, dua ban belakang yang sama sekali baru akan diperkenalkan di Australia. Yakni mediun (polos) dan hard (kuning). Dua-duanya juga dibikin asimetris dengan bagian kiri lebih keras. (cak)

Berita Terkait