Kendalikan Pertambahan Penduduk

Kendalikan Pertambahan Penduduk

  Sabtu, 12 March 2016 09:42
KAMPUNG KB: Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus secara simbolis meresmikan Pencanangan Kampung KB di Desa Mekar Sari. Foto: Ashri Isnaini/pontianak post

Berita Terkait

KUBU RAYA – Pemerintah Kabupaten Kubuy Raya melakukan pencanangan kampung Keluarga Berencana (KB) di Desa Mekar Sari. Dengan adanya pencanangan kampung KB tersebut diharapkan kedepan bisa mengendalikan pertambahan jumlah penduduk dan dengan bergitu secara tak langsung bisa menunjang peningkatan layanan pemerintah bagi masyarakat. 

“Dipilihnya Desa Mekar Sari sebagai pusat pencanangan kampung KB, karena secara umum jika dibandingkan daerah lainnya, jumlah warga di desa ini cukup tinggi. Informasi yang saya dapat saat ini jumlah warga di Mekar Sari itu mencapai 23 ribu jiwa dan itu hampir sama dengan jumlah warga di Kecamatan Kuala Mandor B dan Kecamatan Rasau Jaya,” papar Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus usai menghadiri pencanangan Kampung KB di Desa Mekar Sari, Kamis (10/3). 
Hermanus berharap dengan adanya upaya pemerintah melakukan pengedalian peningaktan jumlah penduduk, diharapkan kedepan berdampak pada meningkatnya layanan yang diberikan kepada masyarakat dari berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan dan layanan publik lainnya. 

“Pada tahun 2020 nanti Indonesia juga memasuki masa bonus demografi, kami yakin dimasa itu juga banyak usia produktif. Tugas kami saat ini adalah memantapkan peningkatan sumber daya manusia lokal sehingga bisa bersaing dengan masyarakat daerah lainnya,” paparnya. 

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Mustar menyatakan selain Desa Mekar Sari sebelumnya juga dilakukan pencanangan Kampung KB di salah satu desa di Kabupaten Sekadau dan Desa Maya Sofa di Singkawang. “Target kami di tahun 2016 ini setidaknya terdapat sekitar 16 desa di Kalbar yang menjadi daerah pencanangan kampung KB,”paparnya. 

Mustar menerangkan, setiap desa yang dipilih menjadi pusat pencanangan kampung KB umumnya sebagian besar masyarakat masih belum maksimal terjangkau dalam mendapatkan layanan mengenai KB terrmasuk masih minim juga tingkat kesadarannya dalam menggunakan alat kontrasepsi. “Dengan adanya pencanangan kampung KB ini kami harap kedepan layanan mengenai kesehatan terutama KB kedepan bisa lebih optimal sehingga secara tak langsung memberikan kontirbusi lebih besar membantu pemerintah untuk menekan jumlah penduduk,”pungkasnya. 

Secara terpisah, Kepala Desa Mekar Sari, Basar mengaku bersyukur karena Desa Mekar Sari menjadi salah satu sasaran pencanangan Kampung KB di Kalbar. “Saya akui saat ini peningkatan jumlah penduduk di Desa Mekar Sari ini cukup cepat, karenanya saya berharap dengan adanya pencanangan Kampung KB ini akan semakin banyak warga yang sadar untuk mengatur jarak kelahiran sehingga dengan adanya pengendalian jumlah penduduk pada akhirnya akan membantu pemerintah mengoptimalkan tingkat kesejahteraan masyarakat,”ungkapnya. (ash)  

Berita Terkait