Kendalikan Penyeludupan Narkoba, Piter Ditembak Mati

Kendalikan Penyeludupan Narkoba, Piter Ditembak Mati

  Rabu, 14 March 2018 11:07

Berita Terkait

JAKARTA -- Warga negara Malaysia Ng Eng Aun alias Piter, ditembak mati Badan Narkotika Nasional di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (13/3). Piter diduga sebagai pengendali penyeludupan narkoba dari negeri jiran ke Kalbar lewat seorang kurir, Edy alias Haris, melalui jalur tikus di perbatasan Indonesia-Malaysia di Sanggau. 

Deputi Pemberantasan BNN Inspektur Jenderal (Irjen) Arman Depari menjelaskan berdasarkan informasi masyarakat, ada upaya penyeludupan sabu dan ekstasi dari Kuching, Malaysia, ke Indonesia  melalui perbatasan tidak resmi di Sanggau Kalbar. Mendapati informasi itu, petugas gabungan BNN dan Bea Cukai kemudian melakukan penyelidikan di lintas Transkalimantan. Petugas kemudian mengamankan Edy di Jalan Transkalimantan. Edy diamankan saat menumpang mobil Toyota Calya nomor polisi KB 1437 SN. "Kami menemukan narkotika jenis sabu kristal dua kilogtam dan ekstasi 30 ribu butir," kata Arman kepada Pontianak Post, Rabu (14/3). 

Arman menambahkan berdasarkan keterangan Edy, diketahui bahwa  yang merintahnya adalah Piter, seorang warga Malaysia. Petugas kemudian menangkap Piter di Hotel Harris Pontianak. Setelah menangkap Piter, pengembangan pun dilakukan di wilayah Siantan, Pontianak Utara. Namun, kata Arman, saat pengembangan Piter berupaya melarikan diri dan melawan petugas BNN. Petugas terpaksa mengambil tindakan tegas. "Petugas BNN terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur kepada  pelaku Piter," kata mantan Kapolda Kepulauan Riau itu. Piter sempat dilarikan ke rumah sakit. Namun, dalam perjalanan ke rumah sakit, Piter tewas. Saat ini, jenazah Piter berada di RSUD Soedarso Pontianak. 

Dari penangkapan itu, BNN menyita 30 ribu butir ekstasi, dua kilogram sabu, dua unit telepon seluler, dan satu mobil Toyota Calya KB 1437 SN. (ody)

Berita Terkait