Kenalkan Betawi Lewat Lagu

Kenalkan Betawi Lewat Lagu

  Jumat, 16 September 2016 09:25
AYU AZHARI | KAPANLAGI

Berita Terkait

PENYANYI dan artis Ayu Azhri makin gencar mempromosikan kebudayaan Betawi. Setelah sebelumnya sukses membuat para bule di New York dan Amsterdam bergoyang, kali ini, Ayu terlibat dalam gelaran festival budaya Betawi, Rupa-Rupa Jakarta yang digelar di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (14/9). 

”Ini bentuk kepeduliaan saya sama kegiatan yang mengangkat budaya asli Jakarta, Betawi,” ujar Ayu Azhari. Dalam festival tersebut, Ayu melantukan deretan lagu yang bertema budaya Betawi. Lagu-lagu tersebut diantaranya Gado-gado Jakarta, Keroncong Jakarta, If Have Love and Lost Again, Enjoy Jakarta, dan Hidup itu Indah. “Ini juga rangkaian diplomasi budaya, karena dengan lagu, aku ingin memperkenalkan budaya Jakarta,” ucap Ayu. 

Meski Jakarta sudah maju, Ayu menegaskan tidak boleh ada menyingkirkan budaya asli Betawi. ”Meski sekarang Jakarta terkenal dengan Jakarta Smart City, tapi budaya dan kearifan lokal tidak boleh dilupakan. Harus dikembangkan,” terangnya. 

Menariknya, selain bergerak dalam dunia tarik suara, Ayu juga terlibat dalam organinasi untuk mempromosikan budaya Betawi. Dia bergabung dalam gerakan Melati Puteri Pertiwi (MPP). Ini merupakan komunitas wanita Jakarta yang konsen dalam membantu lanjut usia agar tetap berkarya. ”Kita semua umur harus bertemu lewat budaya dan karya seni. Agar semua orang bergandengan tangan memajukan budaya Tanah Air,” tegasnya. (anh/ash)

Berita Terkait