Kenalkan Berbagai Hal kepada Siswa SD

Kenalkan Berbagai Hal kepada Siswa SD

  Selasa, 24 May 2016 09:30
LEPAS BALON: Sekda Kapuas Hulu M Sukri melepas balon di sela-sela kungjungan Kelompok Inspirasi Pelajar ke Sekretariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu, kemarin. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kapuas Hulu Muhammad Sukri, Senin (23/5) menyambut kedatangan Kelompok Inspirasi Pelajar Kapuas Hulu. Kelompok tersebut membawa sekitar 50 siswa sekolah dasar (SD) ke Sekertariat Daerah (Setda). Di sini para pelajar diperkenalkan kepada Satuan Kerja Pemadam Kebakaran (Satker Damkar) yang melekat pada Satuan Kepolisian Pamong Praja (Satpol PP).

Sekda mengungkapkan bagaimana pemerintah setempat sangat mendukung kegiatan kelompok yang memperkenalkan berbagai hal kepada para pelajar SD tersebut. Dengan pengenalan sejak dini, Sekda yakin, anak-anak ini akan termotivasi atau memiliki cita-cita dalam menjalankan pendidikannya. Harapan dia, kelak, pendidikan anak-anak akan terarah, sesuai dengan cita-cita yang diharapkan anak-anak itu sendiri.

Tokoh Muhammadiyah Kapuas Hulu ini mengungkapkan bahwa sejak dini anak-anak harus diarahkan untuk menjauhi kegiatan yang negatif. Salah satu upayanya, menurut dia, adalah dengan menggiring mereka pada kegiatan positif, sehingga dapat membentuk karakter mereka menjadi lebih baik. Dengan demikian, dia yakin, anak-anak akan menjadi terbiasa dengan hal-hal positif, dan merasa alergi dengan hal yang bersifat negatif saat dewasa.

“Saya harapkan dari kegiatan ini dapat memotivasi anak-anak sekolah dasar kita, sehingga mereka lebih tekun dalam pembelajaran dan menjauhi hal-hal yang tidak baik, serta pergaulan yang tidak sehat,” ucapnya. 

Kondisi sekarang, diakui dia, memang sudah sangat mengkhawatirkan. Dia menggambarkan bagaimana narkoba dan pelecehan seksual terjadi di mana-mana. Oleh karena itu, dia sependapat bahwa proteksi sejak dini kepada anak-anak menjadi sangat penting.  

Para pelajar yang ikut di dalam Kelompok Inspirasi Pelajar ini dikenalkan pada Satker Damkar yang melekat pada Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu. “Kami turut menjelaskan tentang Damkar. Karena ada permintaan dari kelompok inspirasi dua minggu lalu. Ini bentuk edukasi, kami dukung secara penuh,” terang Hadi Pranata, kepala Satuan (Kasat Pol PP) Kabupaten Kapuas Hulu. 

Hadi menjelaskan bagaimana di sana siswa diperkenalkan dengan penggunaan peralatan damkar. Dia menjelaskan mulai dari perlengkapan keamanan dan operasional mesin damkar, hingga memadamkan api. Tujuannya, menurut dia, agar siswa-siswa ini memahami apa yang dapat dilakukan saat terjadi kebakaran. 

“Jika tidak memungkinkan untuk dipadamkan, yang harus dilakukan adalah mengedepankan keselamatan jiwa, setelah itu barulah berkas-berkas penting,” papar dia.(aan)

Berita Terkait