Kenali Rasa Lewat Seruputan

Kenali Rasa Lewat Seruputan

  Sabtu, 3 December 2016 09:50

Budaya Minum Kopi Anak Muda
Budaya minum kopi, terutama kopi nusantara, sudah dinikmati anak muda. Tak jarang mereka tertantang untuk membuat kopi sendiri. Tentu dengan cara yang benar. Membuat kopi tidak sekadar menuang air panas ke bubuk kopi. Sebab, rasa kopi dipengaruhi bagaimana cara memperlakukan dan membuatnya. Mulai panen hingga berada di dalam gelas.

SENIOR Roaster Kabinet Coffee Co Piter Tan pada pekan lalu berbagi tip dengan puluhan barista dan penikmat kopi di Surabaya. ”Untuk mengetahui karakter kopi, kita harus lakukan cupping,” katanya. Cupping coffee merupakan proses mengobservasi kopi sebelum benar-benar disajikan. Cukup dinikmati dalam ukuran kecil. Bisa dengan sendok atau seloki.
Cupping ditujukan mengetahui rasa dan aroma kopi. Piter menyatakan, untuk menikmati rasa dan aroma kopi, cupping harus dilakukan dua kali. Untuk mendapatkan aroma kopi, cupping baiknya dilakukan ketika masih panas. ”Kalau diminum pas panas, lidah menjadi tidak peka. Akhirnya, beberapa rasa tidak dirasakan,” ucap pria yang memiliki sertifikat Q Grader tersebut. Nah, saat suhu berkurang, dilanjutkan dengan mencicipi rasa kopi.
Sebab, kopi bukan hanya terasa pahit. Ada lima karakter kopi. Yakni, asam, manis, pahit, savories atau rasa inti, dan asin. Proses mengenali rasa kopi bergantung dengan cara minum.
Menurut Piter, meminum kopi dengan cara diseruput itu lebih baik. Ketika diseruput, kopi akan menjadi partikel sehingga seluruh bagian lidah bisa merasakan. Sementara itu, meminum langsung membuat kopi hanya lewat di lidah. ”Cupping biasanya dilakukan untuk industri. Namun, awam juga boleh melakukannya,” jelasnya.
Kopi bisa dinikmati di mana saja. Piter menambahkan, untuk dapat menikmati kopi yang enak, tidak harus meng gunakan alat yang mahal. Cukup grinder dan penyeduh kopi. Grinder tidak dibutuhkan jika yang dibeli sudah kopi bubuk. ”Penyeduh kopi bergantung ingin kopi seperti apa,” ucapnya. Misalnya, seseorang yang senang dengan espreso bisa memiliki mesin espreso.
Yang paling murah adalah memiliki French press. Alat tersebut berfungsi mengen dapkan ampas kopi. Suhu air memengaruhi rasa kopi. Yang paling pas, suhu air berada di bawah 95 derajat Celsius. Bagai mana mengukur suhunya? ”Jika sudah mendidih, buka tutup teko. Jika uap sudah tidak ada, air baru dituang,” tuturnya. Piter menjelaskan, semua orang bisa membuat kopi. Berlatihlah terus-menerus supaya bisa mengenali kopi dengan baik. (lyn/c16/jan)