Kemenpupera Bangun 50 Rumah

Kemenpupera Bangun 50 Rumah

  Senin, 1 Agustus 2016 09:30
KUNJUNGAN: Bupati Kayong Utara ketika menyambut kedatangan dari Kementerian dan Lembaga di Pantai Paulau Datok, Minggu (31/7. DANANG PRASETYO/ Pontianak Post.

Berita Terkait

SUKADANA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemenpupera RI) bangun 50 unit rumah nelayan di dekat kawasan pelabuhan Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Santun menjelaskan, bahwa bantuan perumahan nelayan ini merupakan satudinatara program pemerintah pusat, program penunjang kegiatan Sail Selat Karimata yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2016.

“Perumahan nelayan ini, memang dari Kemenpupera memang sebuah program yang boleh dimiliki pemerintah daerah, khususnya nelayan. Untuk tahun 2016 ini, disediakan pemerintah pusat, khususnya Kemenpupera sekitar 50 rumah nelayan,”jelas Santun.

Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (Kemenpupera RI) sendiri tidak hanya memberikan bantuan rumah saja, namun juga akan menyediakan berbagai fasilitas, baik air bersih, listrik, tempat tidur dan lain sebagainya.  Untuk rumah nelayan sendiri, di peruntukan kepada nelayan yang tidak memiliki rumah, atau nelayan yang rumahnya tergusur, karena masuk di dalam kawasan pembangunan sarana penunjang Sail.
 
Untuk menilai kelayakan nelayan yang akan menepati rumah nelayan tesebut, menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan ini, ada tim ferivikasi yang sudah dibentuk yang nanti akan menyeleksi kelayakan para nelayan, yang benar-benar berhak menepati rumah tersebut. “Ini akan ada tim yang akan menyeleksinya, PU, Ekbang dan DKP, nanti ada tim pengendali, apakah mereka masih layak atau tidak, kami hanya menyediakan data-data nelayan yang layak untuk dikasi, nanti tim yang akan menyeleksi,”sambungnya.

Untuk tahun 2017 nantinya, Kabupaten Kayong Utara juga akan mendapatkan bantuan rumah nelayan lagi, sebanyak 150 unit, yang akan di bangun dilokasi yang sama. Untuk peresmian rumah nelayana yang 50 unit ini, dan rumah informasi nelayan yang tidak jauh dari lokasi perumahan nelayan, rencananya akan diresmikan langsung oleh istri Presiden Jokowi Dodo. (dan)

Berita Terkait