Kemenpar RI Targetkan Pertumbuhan Industri MICE 10 Persen

Kemenpar RI Targetkan Pertumbuhan Industri MICE 10 Persen

  Rabu, 30 March 2016 06:01
fajar.co.id

Berita Terkait

JAKARTA--Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI menargetkan pertumbuhan wisata Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) 10 persen pada tahun 2019.
"Saat ini pertumbuhan industri MICE di Indonesia baru lima persen per tahun," kata Menpar Arief Yahya, saat pengukuhan pengurus Indonesia Convention and Exhibition Bureau (Inaceb) periode 2015-2020 di Jakarta.
"Saya berharap visi Inaceb; menjadikan Indonesia sebagai destinasi MICE berdaya saing global terrealisasi," lanjut Menpar.
International Congress and Convention Association (ICCA) menempatkan Indonesia di urutan 42 dunia pada tahun 2014 dengan 76 meeting. Singapura di urutan 29 dengan 142 meeting, Malaysia di urutan 30 dengan 133 meeting. Thailand di urutan 33 dengan 118 meeting.
Di Asia Pasifik, Indonesia di urutan 12, di bawah Singapura, Malaysia, dan Thailand, yang menghuni peringkat enam, tujuh, dan delapan. "Jadi, posisi kita masih terbelakang. Target kita, pada 2020, Indonesia berada di urutan delapan industri MICE Asia Pasifik," kata Menpar Arief Yahya.
Di level ASEAN, Singapura berada di tempat pertama dengan 142 pertemuan. Kuala Lumpur di peringkat delapan dengan 79 pertemuan, dan Bangkok di posisi sembilan dengan 73 pertemuan.
Bali di urutan 38 dengan 38 pertemuan, dan Jakarta di urutan 26 dengan 19 pertemuan. Yogyakarta di peringkat 49 dengan 10 pertemuan.
"Tantangan kita adalah menaikan peringkat, sampai menuju lima besar di Asia Pasifik," kata Arief Yahya. "Caranya, dengan meningkatkan jumlah pertemuan dari 76 menjadi 150."
Budi Tirtawisata, ketua Inaceb, mengatakan prioritas pengurus baru adalah menguatan database destinasi dan pasar potensial, serta memberi semua informasi yang dibutuhkan tentang kesiapan destinasi MICE Indonesia.
"Kami juga akan mengoptimalkan kegiatan promosi dalam trade show ke berbagai negara, delegate boosting, dan lainnya," kata Tirtawisata.**

Berita Terkait