Kemenpar Perkuat Gerakan Sadar Wisata

Kemenpar Perkuat Gerakan Sadar Wisata

  Selasa, 10 May 2016 20:28

Berita Terkait

KEMENTERIAN Pariwisata (Kemenpar) memperkuat gerakan sadar wisata (Gernasta) di Jakarta, kawasan wisata Gunung Kerinci di Jambi, Banda Aceh, dan Kepulauan Karimun.

Oneng Setya Harini, Asisten Deputi Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenpar, mengatakan Gernasa dan Penguatan Kelompok Sadar Wisata akan dimulai di Jakarta pada 11 Mei 2016, dan pada bari berikutnya di Jambi, Banda Aceh, dan Kepulauan Karimun.

"Community Based Tourism Development adalah keharusan," kata Oneng. "Jadi, kami akan berusaha keras membangun mengembangkan wisata berbasis masyarakat."

Menurut Oneng, masyarakat perlu dididik agar sadar wisata dan menjadikan Sapta Pesona -- menjaga ketertiban, keamanan,kebersihan, kesejukan, keindahan,  ramah tamah dan kenangan -- sebagai gaya hidup.

"Kesan baik wisatawan terhadap masyarakat sangat berpengaruh terhadap pengembangan pariwisata satu daerah," ujarnya. "Gernasta pula yang akan menjadikan pariwisata Indonesia mampu bersaing di tingkat global."

Gernasta, kata Oneng, juga akan melibatkan pelaku industri pariwisata, pengelola desa wisata, pengrajin, dan pemilik homestay dan hotel berbintang.

Di Jakarta, Kemenpar akan mendidik 80 orang dari 24 propinsi. Gernasta di Kerinci, Banda Aceh, dan Kepulauan Karimun, akan melibatkan 920 orang.

Menpar Arief Yahya secara khusus meminta masyarakat di 10 Top Destinasi Prioritas dibentuk menjadi warga sadar wisata. Sebagai destinasi prioritas, masyarakat di sekitarnya harus benar-benar siap menyambut era industri pariwisata di sekelilingnya.**

Berita Terkait