Kembangkan Seni Aquascape

Kembangkan Seni Aquascape

  Rabu, 4 November 2015 08:32
AQUASPACE: Zulfi Hamid saat menata sejumlah tanaman di dalam akuarium miliknya RAMSES/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK-Anda hobi berkebun? Tidak memiliki lokasi yang memadai? Maka anda tidak perlu khawatir. Justru sekarang bisa bercocoktanam di dalam aquarium air tawar.Ini disebut Aquascape. Seni menata Batu, kayu atau perpaduan kedua unsur dan bercocok tanam di dalam tempat khusus. Intinya adalah ekosistem alam serta kebutuhan tanam yang ada di alam sebenarnya harus diwujudkan dalam akuarium aquascape tadi mulai dari media tanam, penerangan lampu (Pengganti Sinar Matahari dan Carbon dioksida (CO2).

Inilah yang dilakukan, Zulfi Hamid. Pria yang mencoba peruntungan usaha melalui hobinya. Usaha Aquascape milik Zulfi di Bali Agung 1 No. B 21.  “Sejak kecil saya hob ikan dan memelihara di akuarium. Secara otodidak saya coba membuat seni Aquascape,” cerita Zulfi.Sebelumnya Zulfi tak mengetahui seni baru tersebut. Dia hanya memasukan latar belakang pemandangan Aquarium miliknya. Kemudian dihias gambar. Lalu dimasukkanya berbagai tanaman plastik.
Seni terbaru ini diketahui dari seorang teman. Berbekal informasi itu dia lantas berselancar ria di internet untuk mencari informasi tersebut. Dan diperolehnya informasi seni baru, dengan memasukkan aneka Fauna dari alam sebenarnya untuk dimasukkan ke dalam sebuah Aquarium. “Dari informasi ini saya kreasikan di rumah,” kata dia.

Kreasi seni terbaru ini menarik perhatian kerabat dan teman yang berkunjung ke rumah Zulfi. Sehingga dia memilih seni ini untuk dijadikan peluang usaha. Garasi rumah yang sempit pun dijadikan sebagai lokasi galeri aquascape. “Saya menjalankan bisnis ini dengan modal seadanya dan berbekal keyakinan,” ujar dia.Saat ini sudah Aquscape sudah banyak dinikmati. Baik dari kalangan instansi seeperti rumah sakit maupun masyarakat umum. Selain menjual, Zulfi juga memberikan pengetahuan terhadap konsumen tentang Aquascape itu sendiri.

Sekarang sudah dua tahun usahanya itu berjalan. Peminatnya tidak hanya Kota Pontianak, bahkan seni ini sudah dikenal hingga ke beberapa kabupaten di Kalbar, seperti Mempawah.Jika dari luar, maka konsumen harus memesan terlebih dahulu. Untuk harga tergantung dari ukuran akuarium. Bahan bakunya didatangkan dari Pulau Jawa. Untuk omset, Zulfi menilai sektor usaha ini sangat menggiurkan. (mse)

 

 

 

 

Berita Terkait