Kembangkan Potensi Pariwisata

Kembangkan Potensi Pariwisata

  Senin, 17 Oktober 2016 09:55
TERIMA KEDATANGAN: Bupati Kubu Raya, Rusman Ali saat menerima kedatangan, Menteri Pariwisata Kubu Raya, Arief Yahya di Bandara Supadio Kubu Raya-Pontianak. | Humas Pemkab Kubu Raya

Berita Terkait

KUBU RAYA— Pemerintah Kubu Raya saat ini kian gencar mengembangkan sektor pariwisata. Salah satu potensi wisata andalan kabupaten termuda di Kalimantan Barat ini yakni wisata bahari. “Kenapa wisata bahari kami sebut salah satu unggulan sektor pariwisata, karena hampir setiap wilayah pesisir Kubu Raya juga dikelilingi mangrove, dan beberapa diantaran mangrove yang ada diakui sebagai mangrove terbaik di dunia,” kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, saat menerima kunjungan Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Sabtu (15/10).

Rusman Ali juga berencana merangkul pihak swasta untuk turut mengembangkan potensi pariwisata di Kubu Raya. “Majunya sektor pariwisata secara tak langsung juga mendorong peningkatan pendapatan daerah, termasuk di sisi lain dengan banyaknya wisatawan asing datang juga memberikan peluang bagi masyarakat lokal untuk meningkatkan penghasilan dengan menjual beragam produk khas Kubu Raya ke wisatawan,” paparnya. 

Orang nomor satu di Pemerintahan Kubu Raya ini menerangkan, saat ini Kubu Raya masih terus fokus untuk membangun konektifitas antar kecamatan dan konektifitas dari kecamatan-kecamatan menuju ibu kota melalui jalan poros.

“Kami menyadari bahwa Kubu Raya memiliki potensi pariwisata yang bagus dan potensial. Namun seraya menyiapkan pengembangan pariwisata kita, fokus utama kami saat ini masih menyelesaikan infrastruktur jalan poros sebagai sarana untuk membuka akses dan konektifitas antar kecamatan dan ibu kota,” kata Rusman Ali.

Bupati  mengharapkan dukungan dari semua masyarakat Kubu Raya agar program-program pembangunan baik dari pemerintah pusat dan daerah dapat berjalan dengan baik. 

Dia juga berharap program Kementerian Pariwisata dalam pengembangan sektor pariwisata di Kubu Raya bisa masuk, sehingga akan membantu mempercepat pembangunan sektor pariwisata di daerah ini.

“Dengan potensi yang kami miliki sekarang adalah sektor yang dapat kami kembangkan untuk mendorong pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Untuk mendorong itu kita siapkan infrastrukturnya terlebih dahulu seraya memetakan sektor-sektor mana yang potensial untuk kita kembangkan. Mudah-mudahan Pak Menteri Pariwisata bisa mengeluarkan anggarannya ke sini sehingga membantu kami mempercepat pembangunan sektor pariwisata Kubu Raya,” kata Rusman Ali.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya secara tegas mengingatkan, dalam proses pengembangan sektor pariwisata di suatu daerah terdapat tiga aspek yang harus diperhatikan. 

Tiga aspek tersebut yakni pemasaran pariwisata, pengembangan akan suatu destinasi wisata, dan pengembangan sumber daya manusia para pelaku wisata. 

“Dari informasi yang saya dapat Kubu Raya memiliki potensi wisata yang sangat baik dan potensial untuk dikembangkan. Namun agar potensi ini bisa digarap maksimal pemerintah daerah setempat terlebih dahulu harus membenahi akses atau infrastruktur di sejumlah titik, terutama disejumlah titik objek wisata yang akan dikembangkan,” paparnya. (ash) 

Berita Terkait