Kembangkan Budidaya Pertanian

Kembangkan Budidaya Pertanian

  Kamis, 20 Oktober 2016 09:30
PANEN CABAI: Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus menghadiri panen perdana cabai hasil budi daya pertanian di Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. foto humas Pemkab

Berita Terkait

KUBU RAYA — Sejumlah warga Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B yang tergabung dalam Kelompok Karang Taruna Trisakti, Rabu (19/10) melakukan panen perdana cabai hasil budidaya pertanian. 

Camat Kuala Mandor B, Yansen Sibarani mengatakan semula pengembangan tanaman cabai tersebut dilakukan warga untuk mengisi waktu luang, namun lambat laun, melihat potensi hasil yang cukup besar membuat warga setempat sepakat membentuk kelompok agar dapat menanam dan menghasilkan cabai dengan kuantitas dan kualitas yang baik. 

“Syukurnya untuk tahap awal, hasil cabai kelompok Karang Taruna Trisakti ini lumayan memuaskan,” kata Yansen Sibarani, Rabu (19/10) saat menghadiri panen perdana cabai hasil budidaya pertanian di Desa Sungai Enau. 

Dia berharap upaya yang dilakukan kelompok karang taruna Trisakti tersebut bisa menjadi contoh bagi warga desa lainnya untuk mulai menanam beragam tanaman yang berpotensi sesuai dengan karakteristik di daerah masing-masing

Untuk menunjang optimalnya hasil pengembangan budidaya pertanian seperti tanaman cabai dan sejenisnya, kata Yansen, pihak kecamatan selalu siap memberikan pendampingan atau pembinaan bagi setiap kelompok masyarakat. 

“Intinya setiap inovasi melalui berbagai kegiatan positif yang dilakukan masyarakat akan kami dukung, sepanjang ada koordinasi dan tentunya disesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang ada,” ucapnya. 

Hal senada juga diutarakan, Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus yang menegaskan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya mendukung dan  mengapresiasi semua inovasi dan kgiatan-kegiatan positif yang dikembangkan oleh masyarakat untuk mengisi waktu luang sehari-hari.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Kubu Raya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Ini sangat besar manfaatnya ada nilai ekonomisnya disamping keseharian anggota terisi secara positif. Dan saya harap kegiatan posisitf seperti ini bisa diikuti masyarakat desa lainnya,” ucap Hermanus.

Hermanus menginginkan agar pengembangan budidaya tanaman cabai yang telah dikembangkan Kelompok Karang Taruna Trisakti Desa Sungai Enau bisa menjadi inspirasi bagi kelompok- kelompok masyarakat dalam mengisi kegiatan-kegiatan positif. Terutama baik di Sungai Enau dan Kuala Mandor juga bagi masyarakat lainnya di Kubu Raya.

“Saya berharap ini menjadi inspirasi bagi semua masyarakat. Bahwa ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengisi kegiatan-kegiatan positif di masyarakat,” pungkasnya. (ash) 

Berita Terkait