Kembalinya Si Anak Hilang

Kembalinya Si Anak Hilang

  Rabu, 5 Oktober 2016 10:25

Berita Terkait

    TURIN – Jose Callejon tersentak dari sofa yang didudukinya. Pepe Reina yang menghubunginya lewat telepon selulernya petang itu memberi kabar mengejutkan. Kabar yang selama ini tidak pernah terlintas di bayangannya. Ya, Reina memberi tahu bahwa Callejon masuk dalam 23 nama pilihan Julen Loptegui untuk bermain di dua laga timnas Spanyol. 

    Mulai melawan Italia di Juventus Stadium, Turin, Jumat dini hari nanti WIB (7/10) dan tandang ke Albania tiga hari kemudian (10/10). ''Saya sempat tidak percaya. Tapi, begitu saya cari tahu memang benar saya pun balik meneleponnya dan mengucap terima kasih kepada Pepe,'' ungkap Callejon kepada El Partidazo De Cop, El Larguero dan Onda Cero.

    Callejon layak terkejut. Sebab dia sudah hampir lupa kapan kali terakhir dipanggil memperkuat La Furia Roja – julukan timnas Spanyol. Callejon kali terakhir berkostum Spanyol pada 23 bulan silam. ''Karena saya merasa masih banyak pemain yang lebih pantas dipanggil ketimbang saya,'' klaim pemain  yang baru mengemas dua caps itu. 

    Bersamaan dengan pemanggilannya, pemain yang sama-sama berposisi di sayap kanan Spanyol seperti Juan Mata tidak dipanggil Lopetegui. Pemanggilan Callejon ini menjadi puncak dari permainan bagusnya di Napoli dalam dua musim terakhir ini. Di dalam tujuh laga pertama Il Partenopei – julukan Napoli, Callejon memberikan tujuh kontribusi. 

    Lima kontribusi gol, dan dua kontribusi assist. Dengan performa seperti itu, Callejon andai pada laga besok mendapat jatah minutes play diharapkan jadi salah satu pembeda di timnas Spanyol. Pemain yang kurang bersinar di Real Madrid tiga musim silam itu bakal bersaing memperebutkannya melawan Vitolo dan Lucas Vazquez. 

    Dilansir Football Italia, Callejon pun mengaku siap untuk memperebutkan satu tempat di dalam formasi 4-3-3 ala Lopetegui. ''Timnas Spanyol? Saya akan dibawanya untuk dua laga yang susah. Saya akan bekerja keras (untuk mendapatkan tempat utama). Ini akan jadi laga yang spesial untuk saya, dan spesial juga bagi tim,'' ungkapnya. Spesial bagi Callejon, karena dilakukan di markas Juventus. Rival ketat Napoli dalam perburuan gelar scudetto Serie A musim ini. 

    Callejon bukan satu-satunya anak hilang yang kembali merasakan panggilan tugas negara. Ilkay Guendogan juga mengikuti Callejon. Bedanya, Guendogan tidak tersingkir dari panggilan memperkuat timnas Jerman karena performanya. Melainkan karena gelandang berusia 25 tahun tersebut rutin cedera sejak Desember 2015 silam. 

    Mulai dari sakit yang ringan seperti influenza, infeksi, sampai cedera yang berat seperti cedera di engkelnya, cedera di tulang kering, dan terakhir dislokasi tulang patella. Cedera terakhir itu bahkan yang membuat dia absen lama sampai 133 hari, dan penyebab kegagalannya membela Die Mannschaft – julukan timnas Jerman – pada Euro 2016 lalu. 

    Diumumkan tengah pekan lalu, artinya Guendogan sudah lebih dari 330 hari meninggalkan tim juara Piala Dunia 2014 itu. Selain Guendogan, Joachim Loew sebagai der trainer Jerman memanggil 2 nama yang juga absen pada matchday pertama lalu karena cedera, yaitu Jerome Boateng dan Mario Gomez. 

    ''Mereka kami panggil kembali setelah kami menerima input terkait penampilan mereka ketika bermain di level klub. Baik di kompetisi domestik, ataupun kompetisi Eropa. Dari mereka-mereka ini, kami berharap mereka tahu apa yang kami harapkan dari mereka,'' ungkap Jogi – sapaan akrab Loew, dikutip dari Bild. 

    Guendogan dalam tiga pekan terakhir ini selalu menjadi andalan Josep Guardiola di lapangan tengah Manchester City. Mantan pemain Borussia Dortmund itu semakin penting posisinya dalam lini tengah City begitu Kevin de Bruyne mengalami cedera hamstring dua pekan terakhir. Kecuali laga di White Hart Lane ketika City tersungkur 0-2 atas Tottenham Hotspur akhir pekan kemarin WIB (2/10), Guendogan selalu jadi starter di dua laga Premier League sebelumnya. 

    Guendogan tampil 140 menit dalam laga menghadapi Bournemouth (17/9) dan Swansea City (24/9). Sementara, dia sudah mengemas satu gol di Premier League. Lalu di Liga Champions, sekali assist dia berikan. Loew tidak memberikan spesifikasi pada laga mana Guendogan bakal dimainkan. ''Dua-duanya sangat penting bagi kami. Kalau bisa, dia (Guendogan) akan kami mainkan dalam dua laga kami,'' sebut Loew. 

    Maklum, dalam matchday kedua dan ketiga nanti Manuel Neuer dkk sudah ditunggu dua tim dengan bobot sama kuatnya. Pertama, di Volksparkstadion, Hamburg, Jerman menghadapi Republik Ceko (9/10). Lalu, tiga hari kemudian (12/10) ganti menjamu Irlandia Utara di Niedersachsenstadion, Hannover. (ren)

Berita Terkait