Keluhkan Sulitnya Dapat Air Bersih, Warga Simpang Hilir Berharap Ini pada Sutarmidji

Keluhkan Sulitnya Dapat Air Bersih, Warga Simpang Hilir Berharap Ini pada Sutarmidji

  Selasa, 20 March 2018 19:16
Cagub dan Cawagub Kalbar Nomor Urut 3, Midju-Norsan, usai mensosialisasikan program unggulannya di hadapan masyarakat

KAYONG UTARA - Warga Kabupaten Kayong Utara memang kerap mengeluhkan air bersih. Selama ini, beberapa Kecamatan di Kayong Utara masih menggunakan air dari akar gambut yang didapat secara alami untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satu warga mengeluh lantaran sulitnya mendapat air bersih.

"Ya, biasanya kita gunakan air dari akar gambut, untuk mandi, cuci dan lain-lain. Tidak adanya air bersih sulit. Pemerintah hanya janji-janji saja, tidak realisasi. Padahal kami semua berhak mendapat air bersih," jelas Samiyati (52), warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Hilir.

Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga, Sutarmidji menjelaskan bahwa jika dirinya terpilih menjadi Gubernur Kalbar, kedepan Warga Kayong Utara dan seluruh Kalimantan Barat harus mendapat air bersih. Dengan adanya air bersih, Sutarmidji yakin akan berdampak pada kesejahteraan warga Kalimantan Barat.

"Jika diberi kesempatan untuk pimpin Kalbar, saya akan selesaikan masalah air bersih. Kedepan, air bersih harus menjangkau setiap desa dan pedalaman Kalimantan Barat. Ini hak mereka, harus kita penuhi. Dampaknya nanti akan meningkat juga kesejahteraan warga Kalimantan Barat," jelas Sutarmidji calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga.

Upaya Sutarmidji yakni dengan cara memasang pipa, dan saluran air untuk mengaliri air agar dapat menjangkau setiap desa. Menurutnya, banyak hal yang nantinya akan berguna bagi warga jika air bersih sudah dialiri dengan baik. Seperti misalnya, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Kabupaten Kayong Utara yang akan berguna untuk tersedianya air bersih.

"Kita akan buat air bersih itu mengalir ke setiap desa Kayong Utara, kita buatkan pipanya, saluran air nanti akan mengalir di setiap desa yang sulit teraliri air bersih. Air bersih juga merupakan infrastruktur yang harus kita benahi. Hal ini akan berguna jika air bersih mengalir dengan baik, seperti fungsi PDAM juga dapat maksimal yaitu untuk menyediakan dan mengaliri air bersih kedepannya," jelas Sutarmidji calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga.

Menanggapi pernyataan Sutarmidji, Warga Desa Rantau Panjang, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupateng Kayong Utara sangat antusias dan sependapat dengan calon Gubernur nomor urut tiga tersebut. Rojian (58), salah satu Tokoh Masyarakat menilai program Sutarmidji memang dinantikan oleh warga Kabupaten Kayong Utara.

"Kita memang menantikan Program Sutarmidji terkait air bersih. Ternyata, beliau sudah mengetahui masalah tersebut. Solusi dari Sutarmidji sangat efektif dan tepat sasaran, saya harap Sutarmidji dapat mewujudkannya," jelas Rojian, tokoh masyarakat Kalbar.

Bahkan, Warga Kabupaten Kayong Utara menyatakan dukungan penuh terhadap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut tiga. Warga berharap Sutarmidji dapat terpilih menjadi Gubernur Kalimantan Barat agar dapat mewujudkan semua programnya.

"Saya dukug Sutarmidji menjadi Gubernur Kalimantan Barat. Semoga kedepan beliau terpilih dan dapat mewujudkan Kalbar baru, maju dan Sejahtera. Kita doakan semoga Sutarmidji terpilih dan dapat mewujudkan programnya," jelas Rojiun, tokoh masyarakat Kayong Utara. (*)