Keluarga Sehat, Kalbar Hebat, Indonesia Kuat

Keluarga Sehat, Kalbar Hebat, Indonesia Kuat

  Rabu, 22 November 2017 10:15
REKOR MURI: Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, dr Andy Jap MKes, bersemangat mengikuti Senam Sehat Germas yang diikuti seluruh pegawai Dinas Kesehatan Kalbar beserta masyarakat. Senam Sehat Germas di Kalbar turut andil membantu Kementerian Kesehatan RI dalam pemecahan Rekor MURI.

Berita Terkait

Dinas Kesehatan Tekad Wujudkan Germas dalam Peringatan HKN ke-53

MOMEN peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53, semakin menguatkan tekad Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat untuk mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Upaya kesehatan yang dimulai dari diri sendiri tersebut diharapkan dapat menghasilkan keluarga-keluarga sehat.

Capaian ‘Keluarga Sehat’ tersebut guna menuju ‘Kalbar Hebat’ dan ‘Indonesia Kuat’. Hal terebut sejalan dengan tema HKN ke-53 pada 12 November 2017, yang diusung Kementerian Kesehatan RI, yaitu Keluarga Sehat, Indonesia Kuat.

“Kesehatan harus dimulai dari diri sendiri dan keluarga. Jika semua masyarakat sehat, otomatis Indonesia sehat. Untuk mencapai sasaran Indonesia sehat, kami jalankan strategi pendekatan keluarga. Tenaga kesehatan lebih pro aktif. Jemput bola, memberikan pelayanan kesehatan saat masyarkat sehat. Jangan tunggu masyarakat sakit,” jelas dr Andy Jap MKes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam strategi pendekatan keluarga, masyarakat dilibatkan secara langsung untuk memiliki kesadaran hidup sehat. Karenanya, pendekatan keluarga digandengkan dengan Germas. Masyarkaat diajak untuk melakukan gerakan sistematis dan berkesinambungan dalam mencapai hidup sehat. “Ditambah dengan penguatan fasilitas kesehatan baik di puskesmas maupun rumah sakit,” katanya.

Pembangunan kesehatan di Kalbar dalam kurun waktu 3-5 tahun terakhir menunjukkan peningkatan, meskipun masih ada kekurangan di beberapa bagian. “Kita sudah mampu menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan balita. Program kesehatan yang kita jalankan menunjukkan nilai peningkatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain Germas dengan kaitan aktivitas fisik, dinkes juga menggelar seminar kesehatan terkait 1.000 hari pertama kehidupan manusia yang berkaitan dengan kualitas hidup manusia.

“Kami gelar seminar kebugaran dan operasi katarak. Besok (hari ini), kami gelar sarasehan bersama kader kesehatan di Sanggau yang akan dipimpin bapak gubernur dan bupati. Salah satu kunci kesehatan memberdayakan masyarakat sebagai kader. Harapan kami melalui kader-kader bisa ajak masyarakat lebih peduli pada kesehatan,” pungkasnya. (*)

Narasi & Foto:

Program Media Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Kalbar

Berita Terkait