Keluarga Cerdas Pinggiran Sungai

Keluarga Cerdas Pinggiran Sungai

  Rabu, 3 Agustus 2016 10:15   435

Oleh: Dodik Limansyah, M.Kep,Sp.Kep.Kom

KOTA Pontianak merupakan salah satu kota sungai yang akan dijadikan ‘Waterfront city’ hal ini menunjukan bahwa kota Pontianak memiliki potensi besar dalam bidang wisata khususnya wisata perairan. Sungai Kapuas memberikan segalanya bagi kota Pontianak, air untuk minum, ikan untuk dimakan bersama keluarga serta keindahannya untuk melepas penat dan kesejukan hati. Sungai Kapuas juga sebagai tempat kebersamaan keluarga yang tinggal di pinggiran sungai, untuk itu sungai Kapuas harus kita jaga keindahannya, keamanannya serta kebersihannya agar keluarga yang tinggal di pinggiran sungai Kapuas tetap sehat dan aman.

Keluarga merupakan entry point dalam menurunkan resiko gangguan penyakit akibat pengaruh gaya hidup dan lingkungan, keluarga juga berperan besar terhadap proteksi dan stimulasi terhadap perkembangan anggota keluarga terutama anak-anak dan remaja. Kita tentu pernah mendengan ada bocah yang tenggelam, perilaku membuang sampah ke sungai yang seolah-olah sungai adalah ‘tong sampah’, serta limbah lainnya yang menjadikan sungai tercemar dan menjadi tidak sehat. 

Karakteristik keluarga sehat adalah memfasilitasi proses interaksi antara anggota keluarga, pengembangan anggota keluarga terus ditingkatkan seperti pendidikan, hubungan peran yang terstruktur secara efektif, upaya aktif dalam mengatasi masalah, lingkungan rumah dan gaya hidup yang sehat serta hubungan dengan masyarakat  luas terus terjaga. Tanda lain dari sebuah keluarga yang sehat adalah lingkungan rumah sehat dan gaya hidup yang tidak beresiko.

keluarga sehat membuat aman dan hygienis untuk kondisi anggota keluarganya, Misalnya, sehat keluarga dengan anak-anak child proofing rumah dengan menghapus potensi bahaya seperti outlet listrik (konslet) dan larutan pembersih dari jangkauan anak serta kebiasaan membuang sampah ke sungai. Sebuah keluarga yang sehat dengan orang dewasa yang lebih tua atau lansia yang rawan jatuh, pencahayaan yang baik dan pegangan tangan kokoh. Sebuah lingkungan rumah yang sehat adalah salah satu yang bersih dan mengurangi penyebaran penyakit yang menyebabkan organisme penyakit berkembang biak.

Keluarga memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter seorang anak, keluarga menanamkan nilai-nilai moral dalam kepribadian seorang anak. Proses pendidikan bagi generasi muda mempunyai tiga pilar penting yaitu Sekolah, Masyarakat dan Keluarga. Pendidikan dalam keluarga sangatlah penting dan merupakan pilar pokok pembangunan karakter anak. Manusia Indonesia yang berkualitas hanya akan lahir dari remaja yang berkualitas, remaja yang berkualitas hanya akan tumbuh dari anak yang berkualitas pula.

Keluarga merupakan tempat ternyaman bagi anak, berawal dari keluarga segala sesuatu berkembang. Kemampuan untuk bersosialisasi, mengaktualisai diri, berpendapat, hingga perilaku yang menyimpang. Oleh karena itu peningkatan ketahanan keluarga menjadi penting sehubungan dengan fakta kemampuan keluarga dalam pemenuhan kebutuhan, pelaksanaan fungsi melalui pengelolaan sumber daya yang dimiliki, serta kemampuan keluarga dalam pengelolaan masalah dan stress. (**)

* Staf pengajar Stikes Yarsi Pontianak