Kelola Organisasi, Sesuaikan Kultur Setempat

Kelola Organisasi, Sesuaikan Kultur Setempat

  Sabtu, 6 Agustus 2016 09:12
PELANTIKAN: Para pengurus TP-PKK dari empat desa, Desa Sutera, Desa Pangkalan Buton, Desa Sejahtera, dan Desa Simpang Tiga, dilantik oleh ketua TP-PKK Kecamatan Sukadana, Ny Ice Marlina, Jumat (5/8). DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Tim Penggerak PKK Kecamatan Sukadana melantik Tim Penggerak PKK Desa Sutera, Desa Pangkalan Buton, Desa Sejahtera, dan Desa Simpang Tiga. Pelantikan tersebut berlangsung di Gedung Pertemuan PNPM Desa Sutera, Jumat (5/8).

 
Hadir dalam pelantikan tersebut pembina TP PKK Kecamatan Sukadana, Syahrial Sholihin, kemudian para kepala desa dari masing-masing desa yang dilantik dan ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kayong Utara.

Pelantikan yang berlangsung khidmat ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKK, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan keputusan ketua TP PKK Kecamatan Sukadana, Ny Ice Marlina.

Pada sambutannya, Ice berharap agar TP PKK masing-masing desa yang sudah dilantik bisa berkerja dengan semaksimal mungkin, dalam melakukan pembinaan dan pemberdayaan di desanya. Dia juga berpesan agar para pengurus dapat menyesuaikan diri dengan kondisi sosial ekonomi masyarakatnya masing-masing.

“Satu lembaga masyarakat yang telah diakui manfaat bagi masyarakat, terutama dalam upaya meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga adalah gerakan PKK,” ungkapnya.

Untuk meningkatkan peran dan fungsi TP PKK tersebut, Ice berpesan kepada TP PKK yang baru dilantik, agar dapat  mengelola organisasi mereka di desa mereka masing-masing dengan baik dan tepat sasaran. Sekali lagi dia berpesan agar menyesuaikan dengan kultur daerahnya masing-masing, yang kemudian dapat dituangkan dalam rancangan program mereka dalam kurun waktu lima tahunan.

“Bagi TP PKK yang baru dilantik  agar secepatnya untuk membuat struktur kepengurusan masing-masing. Dalam kesempatan ini juga saya berharap agar dalam pergantian kepengurusan untuk tidak mengganti pembukuan TP PKK. Jadi kepada Ketua TP PKK yang lama, agar memberikan pembukuan kepada TP PKK yang baru,” pesannya.

Lebih khusus, Ica juga berpesan kepada para pengurus TP PKK Desa Simpang Tiga, agar dapat mempersiapkan diri. Pasalnya, diingatkan dia bahwa desa tersebut akan mengikuti lomba desa tingkat kabupaten pada 2017 mendatang.

“TP PKK Simpang Tiga mulai sekarang harus dibenahi buku wajib pokja posyandu, mengingat  2017 Desa Simpang Tiga mewakili untuk mengikuti lomba desa tingkat kabupaten dan KSI,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait