Keindahannya Bahkan tak Kalah dengan Bromo

Keindahannya Bahkan tak Kalah dengan Bromo

  Senin, 25 April 2016 09:55
BUKIT MEDALE: Para pengiat wisata, Explore Kayong Utara, saat menikmati keindahan Bukit Mendale yang terletak di Desa Gunung 9, Kecematan Sukadana. Eksotismenya bahkan diakui menyamai Bromo. DOKUMEN

Berita Terkait

Bukit Mendale yang lokasinya berada di Desa Gunung 9, Kecamatan Sukadana,  belum banyak dikenal dan dikunjungi masyarakat luar. Pegiat wisata alam yang tergabung dalam Explore Kayong Utara pun tergerak hatinya untuk mengenalkan beberapa tempat wisata ini di jejaring sosial mereka. DANANG PRASETYO, Sukadana

SALAH satu pegiat wisata dari luar Kabupaten Kayong Utara yang ingin melirik keindahan Bukit Mendale adalah dari May Bank Kabupaten Ketapang. Mereka datang dengan jumlah 12 orang dan mendaki Mendale,  Sabtu (23/4) lalu. 

Medan yang cukup sulit dan menguras tenaga pun tidak menjadi halangan buat mereka demi mencapai puncak Mendale. Mereka harus menyusuri ketinggian dengan kurang lebih mencapai ketinggian 320 mdpl.

"Kali ini kebetulan weekend, dan kami mengetahui tempat ini dari koran, sehingga kami memilih tempat ini. Walaupun sempat ragu,  namun ketika sampai di puncak, semuanya terbayarkan," aku pemimpin Cabang Pembantu May Bank KCP Ketapang, Susanto.

Ia menilai saat ini Kabupaten Kayong Utara sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Namun, dia menyayangkan untuk infrastruktur akses jalan belum memadai. Menurut dia, apabila ditunjang dengan mudahnya akses menuju lokasi wisata, akan menjadi tidak sulit bagi pemerintah daerah menarik wisatawan luar datang ke sini. Harapannya tentu saja  akan berdampak kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan peningkatan masyarakat setempat.

"Kabupaten Kayong Utara statusnya kabupaten baru, (di mana) saya lihat progres pembangunannya cukup cepat. Itu kita lihat dari perkantoran-perkantoran yang sudah buka. Namun untuk infrastruktur wisatanya juga perlu diperhatikan, karena banyak sekali objek wisata yang ada di Kayong Utara. Tinggal bagaimana dipromosikan saja. Dan Jujur saja, orang asli Sukadana saja kita tanya Bukit Mendale, di mana hampir 95 persen mereka tidak tahu di mana lokasinya,” ungkap Susanto.

Meski sudah beberapa kali mendaki ke tempat wisata, namun dia mengakui bagaimana keindahan Bukit Mendale yang tidak kalah dengan keindahan wisata di luar sana. Namun, dia melihat untuk wisata Bukit Mendale ini, belum terkelola dengan baik. Salah satunya, disebutkan dia, akses menunju lokasi tidak mudah.

“Bukit Mendale kata yang tepatnya keren. Dan saya pernah ke Bromo, pernah ke Tangkuban Perahu, pernah ke Gunung Kinabalu, saya rasa tidak kalah. Cuma medannya ini masih ektrem, karena kalau dibandingkan di sana, memang sudah dikelola dengan profesioanal. Sehingga ada beberapa titik yang dibangun tempat untuk beristirahat, sehingga pendaki kalau tidak mampu ke atas bisa beristirahat, sebelum mencapai puncak,” tutupnya. (*)

 

Berita Terkait