Kecubung Ketapang Tetap Berkilau

Kecubung Ketapang Tetap Berkilau

  Kamis, 20 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

Ketapang Aktif Sukseskan Sail Selat Karimata 2016

SUKADANA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang berpartisipasi menyukseskan acara puncak Sail Karimata 2016 yang dipusatkan di Pantai Pulau Datok, Sukadana. Sejumlah kegiatan diikuti Pemkab Ketapang, demi mendukung program pemerintah pusat untuk mendorong percepatan pembangunan untuk daerah pesisir tersebut.

Salah satu kegiatan yang dikuti di antaranya pameran. Dari sejumlah produk yang dipromosikan Kabupaten Ketapang, batu permata kecubung tetap menarik perhatian pengunjung. Pameran yang dikuti sejumlah perwakilan pemerintah daerah ini, sempat ditinjau wakil Bupati (Wabup) Ketapang, Drs Soprapto S, sebelum pelaksanaan Sail. Menurut Wabup, even Sail Selat Karimata merupakan momentum yang bagus bagi kabupaten/kota, termasuk Ketapang dalam mempromosikan potensi yang dimiliki.

"Dengan harapan investor luar dapat berinvestasi dan menanamkan modalnya atau membeli produk kita dan akhirnya dapat membangun Ketapang. Kita ketahui Ketapang sebagai wilayah terluas di Kalbar banyak potensi alam kita yang dimiliki seperti batu kecubung dan lain-lain, yang bernilai jual tinggi belum terpromosikan secara maksimal," ujar Wabup ketika di Sukadana.

Demikian juga, menurut dia, dengan limbah bauksit yang dapat dibuat batu bata dengan kualitas bagus dan ringan. Termasuk industri kerajinan dan makanan dari UKM dan koperasi, hingga produk rumah tangga yang tak kalah saing.

Oleh karena itu, ajang bergengsi tingkat nasional ini, diakui dia, merupakan kesempatan yang baik. Terlebih, dia menambahkan, untuk meningkatkan percepatan pemabangunan di wilayah pesisir.

Tak hanya sebagai peserta pameran dalam puncak acara Sail Selat Karimata, Pemkab Ketapang dan masyarakat Ketapang juga aktif menyukseskan acara nasional tersebut. Sejumlah personel dikerahkan, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam menyukseskan kegiatan ini. Apalagi, dalam mendukung Sail Selat Karimata, wilayah Kabupaten Ketapang berbatasan langsung dengan Kayong Utara. Oleh karena itu, Ketapang pun secara otomatis merupakan wilayah pendukung, baik sebagai kawasan persinggahan para tamu, maupun tempat menginap para tamu sebelum tiba di Sukadana.

Dalam menyukseskan Sail Selat Karimata tersebut, Pemkab Ketapang juga sudah berulang kali melakukan koordinasi, baik dengan Pemkab Kayong Utara, maupun antar-SKPD, untuk menyukseskan acara nasional tersebut. Apalagi, dalam acara nasional ini, menjadwalkan kedatangan Presiden Joko Widodo, sehingga segala persiapan dan fasilitas pendukung dilakukan. Mulai dari booking hotel-hotel untuk para tamu, bahkan penyediaan sarana angkutan dari Ketapang ke Kayong Utara.

Sementara itu, menjelang kedatangan Presiden, suasana Sail Selat Karimata 2016 semarak. Sejumlah kendaraan pun bolak balik dari Ketapang ke Kayong Utara. Pengamanan lalu lintas sepanjang jalur Ketapang – Sukadana juga dijaga aparat. Sejumlah kegiatan seperti lomba memancing, lomba sampan, dalam menunjukkan kekokohan kemaritiman sudah dilaksanakan. Masyarakat dan pengunjung yang umumnya berasal dari Ketapang juga disuguhkan dengan pemandangan menarik dari pengamanan Tim Satgas  Sail selat Karimata, misalnya terjun payung dan lain-lain. (PK)

Berita Terkait