Kebersamaan dan Saling Berbagi, Bikers Beri Santunan Dua Panti Asuhan

Kebersamaan dan Saling Berbagi, Bikers Beri Santunan Dua Panti Asuhan

  Senin, 4 July 2016 10:19
BERBAGI: Anggota HDCI dan IMBI Pontianak memberi santunan kepada anak panti asuhan. Mirza/Pontianak Post

Berita Terkait

Sama seperti bulan Ramadan sebelumnnya, di Ramadan kali ini komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Pontianak dan Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Pontianak juga beri santunan pada anak yatim dengan sasaran dua panti asuhan sekaligus. Kegiatan itu merupakan agenda rutin para bikers Pontianak. Meski perencanaannya hanya tiga hari, saat pelaksanaan berjalan lancar.

Mirza Ahmad Muin, Pontianak

Jam di tangan menunjukkan pukul 5 sore. Ketika sampai di salah satu rumah makan terkenal Pontianak, ternyata puluhan anak dari Panti Asuhan Aisiyah Tunas Harapan telah duduk di bangku yang telah disiapkan pengelola rumah makan. Diketahui, sore itu, Komunitas  Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Pontianak dan Ikatan Motor Besar Indonesia (IMBI) Pontianak menggelar acara buka bersama sekaligus beri santunan bersama anak yatim piatu.

Ada yang berbeda Ramadan kali ini. Tak seperti tahun sebelumnnya, dimana aksi sosial HDCI dan IMBI dilakukan di beberapa kabupaten. Kali ini komunitas motor gede (moge) sepakat melaksanakan di Pontianak dengan sasaran dua panti asuhan sekaligus. Pemberian santunan dilakukan di dua tempat. Untuk Panti Asuhan Aisiyah Tunas Harapan di restoran sekaligus buka puasa bersama. Sedangkan Panti Asuhan Ahmad Yani langsung didatangi para bikers.

“Sebenarnya, pemberian santunan akan dilakukan sekaligus di satu tempat, namun padatnya jadwal beberapa panti asuhan Pontianak membuat kita tak bisa menyatukan di satu acara ini. Namun itu tak masalah bagi kami. Intinya di acara ini kita ingin menciptakan kebersamaan dengan saling berbagi,” ucap anggota HDCI Pontianak, Jailani.

Pelaksanaan kegiatan ini diceritakan Jailani awalnya hanya pembicaraan beberapa anggota saja yang berinisiatif melakukan kegiatan sosial di Ramadan kali ini. Keinginan membuat acara sosial lalu disampaikan ke teman-teman anggota HDCI dan IMBI Pontianak. Ternyata respon kawan positif. “Di kegiatan ini tak semua anggota hadir, karena kesibukan tiap anggota yang tinggi. Meski tak datang, namun mereka berkontribusi hingga terselenggaranya acara ini,” ucapnya.

“HDCI dan IMBI anggotanya bukan mayoritas muslim, tetapi kita bisa menyatukan semuanya. Terlaksananya kegiatan di support penuh semua anggota,” tutur Arif, anggota HDCI lainnya.

Di tempat sama, Humas HDCI Pontianak, Andi Ibrahim mengatakan, kegiatan bakti sosial dilakukan HDCI dan IMBI Pontianak merupakan agenda rutin tahunan. “Dua tahun terakhir bakti sosial kita laksanakan di Pontianak,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Ketua HDCI Pontianak, Mahendra. “Tiap tahun kita ada safari Ramadan. Pada umumnnya kita lakukan di kabupaten, seperti Sambas, Singakawang, Landak, Sanggau, Melawi dan Sintang. Di sana, kita mendatangi masjid memberikan bantuan yang bisa kita berikan,” ungkapnya.

Kebetulan lanjutnya tahun ini kegiatan tidak diadakan di luar kota, melainkan dalam kota. Tadinya kegiatan akan dilangsungkan saat puasa ke 10. Karena situasi cuaca tak mendukung dan teman-teman tidak bisa karena kesibukan masing-masing maka barus terlaksana Sabtu kemarin. “Penyerahan bantuan dua panti sekaligus. Totalnya kurang lebih 80 anak terima santunan berupa bingkisan dan sedikit bantuan untuk keperluan lebaran. Saya berharap sedikit bantuan ini dapat meringankan mereka,” terangnya.***

Berita Terkait