Kebakaran Hutan Indonesia Rugi Rp221 Triliun

Kebakaran Hutan Indonesia Rugi Rp221 Triliun

  Selasa, 19 April 2016 11:06

Berita Terkait

PONTIANAK--Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi selama periode Juni-Oktober 2O15 tahun lalu ternyata menimbulkan kerugian sangat besar. Hasil studi yang dilakukan Bank Dunia pada tahun 2015, peristiwa kebakaran tahun lalu secara nasional telah menimbulkan kerugian sebesar 221 trilun rupiah.

Beberapa provinsi yang mengalami kebakaran atau yang terkena dampak tersebut adalah Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat.

Kalimantan Barat sendiri, selain menimbulkan kerugian ekonomi, kebakaran hutan juga berdampak terhadap kesehatan bahkan dibeberapa sekolah terpaksa harus diliburkan akibat terkena dampak asap.

Kepala Bidang PHKA Dinas Kehutanan Kalimantan Barat, Karsono menyatakan hutan yang terbakar di kawasan di Kalbar masih belum memiliki manajemen yang baik sehingga wilayah-wilayah tersebut belum tercover secara baik. “Ini sangat merugikan kita,”  ungkapnya dalam workshop jurnalis  Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Barat di hotel Aston, Selasa (19/4).

Kondisi tersebutlah yang cukup menghancurkan dan mempengaruhi sendi perekonomian Kalimantan Barat. Berbagai upaya sudah dilakukan baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk perusahaan-perusahan yang dituding juga sebagai salah satu kontributor terbesar dalam kasus-kasus kebakaran lahan dan hutan.

“Upaya penegakan hukum juga sudah dilakukan namun  sayang hal ini belum membuat jera pelaku pembakaran hutan dan lahan,” ungkapnya.(haryadi)

 

Berita Terkait