Kayong Utara Kembali Raih Penghargaan, Kabupaten Peduli HAM

Kayong Utara Kembali Raih Penghargaan, Kabupaten Peduli HAM

  Senin, 14 December 2015 10:01
PENGHARGAAN: Bupati Kayong Utara, H Hildi Hamid berfoto bersama usai menerima penghargaan dari Menkum HAM di Jakarta. Foto (Jumadi Humas Pemkab KKU)

Berita Terkait

 SUKADANA-Bupati Kayong Utara, H Hildi Hamid kembali meraih penghargaan dari pemerintah pusat. Untuk kedua kalinya,  Kabupaten Kayong Utara mendapat penghargaan dari  Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM)  Yasonna Laoly karena dinilai peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM).

Penghargaan yang diberikan kepada sejumlah kepala daerah itu dianugerahkan dalam memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia ke-66 di Graha Penganyoman Kemenkum HAM, Jum’at (11/12). Kabupaten Kayong Utara mendapat poin 89,41 dari 17 penilaian.

Menkum HAM, Yasonna Laoly mengapresiasi Pemerintah Kabupaten/Kota yang menerima penghargaan tahun ini. Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap Pemerintah Kabupaten/Kota dapat semakin memantapkan implementasi rencana aksi nasional hak asasi manusia.

Menurut Menkum HAM, implementasinya dapat lebih diarahkan kepada pelayanan dan pemenuhan hak-hak atas perempuan dan anak. “Atas nama pemerintah pusat, kami menyampaikan terima kasih kepada seluruh daerah yang memberikan dukungan penuh dalam program Ranham ini,”ujar Yasonna.

Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid mengatakan, penghargaan yang diterima Pemkab Kayong Utara tidak lepas dari peran serta seluruh stakeholder dan masyarakat yang ada di Kayong Utara. Menurut dia, koordinasi dalam program rencana aksi nasional telah berjalan dengan baik.

Begitu juga dengan dukungan sistem penyampaian laporan yang memberikan nilai tambah dalam pemenuhan kriteria sebagai kabupaten peduli HAM.“Dengan penghargaan ini diharapkan menambah semangat dan pemenuhan hak bagi masyarakat  secara luas. Terlebih sesuai arahan menkumham, yaitu pemenuhan dan perlindungan hak perempuan dan anak,” ujar Bupati. Sebelum penerimaan penghargaan, Bupati yang didampingi Kabag Hukum Setda KKU, Mulyadi, bersama perwakilan Kantor Wilayah Hukum dan HAM Kalbar menghadiri undangan Presiden Republik Indonesia di Istana Negara (humas/dan)

 

Berita Terkait