Kawal Proses Pilgub dan Perbatasan

Kawal Proses Pilgub dan Perbatasan

  Selasa, 23 January 2018 10:00
BERSAMA: Petrus dan sejumlah pejabat Kalbar dalam lepas sambut Pangdam XII Tanjungpura di Makodam, Sabtu kemarin.

Berita Terkait

KUBU RAYA-Pelaksanaan Lepas Sambut Pangdam XII/Tanjungpura di halaman Makodam, Sabtu malam (20/01)  berlangsung semarak. Acara ini, selain dihadiri seluruh prajurit di jajaran Kodam XII Tanjungpura, juga dihadiri Pejabat Gubernur Kalbar, Danlanud Supadio, Danrem 121/Alam Bhana Wanawwai, Danrem 102/Panju Panjung, Danlantamal XII Pontianak, Kapolda Kalbar, serta pejabat teras Pemprov, Pemkab dan Pemkot di Kalbar.

Hadir juga Jenderal TNI (Purn) A. M. Hendropriyono. Dari lembaga adat terlihat hadir Sekjen MADN, Yakobus Kumis, Ketua PGI dan Ketua Poros Perdamaian dan Nasionalis, Petrus SA SH.

Acara pisah sambut dipimpin Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi. Sedang yang dilepas adalah Pangdam sebelumnya, yang menjabat 1,8 tahun, Mayor Jenderal TNI Andika Perkasa yang kini menjabat sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD.

Ketua Poros Perdamaian dan Nasionalis, Petrus SA yang juga tokoh muda Dayak Kalbar ini berharap kepada Pangdam XII Tanjungpura yang baru, Mayjend TNI Achmad Supriyadi melanjutkan program pedahulunya yang sudah diterima masyarakat di Kalbar dan Kalteng.

"Sebuah tugas berat. Tetapi, jika kecintaan rakyat kepada TNI tetap terpelihara, maka semuanya berjalan baik karena dukungan masyarakat. Pembangunan meningkat jika sisi keamanan terjamin," kata Petrus usai menghadiri acara di Makodam.

Mantan Ketua DPRD kabupaten Bengkayang ini, juga meminta agar program-program sebelumnya tetap dilaksanakan bahkan digencarkan, semisal TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), perbaikan rumah tak layak huni serta permbangunan infrastruktur di pedesaan.

Sedangkan berkait dengan perhelatan demokrasi yang kian mendekat, yang Pilgub dan Pilkada serentak Wali Kota Pontianak dan sejumlah Bupati dan Wakil, dia pun berharap jajaran TNI memantau proses pelaksanaan Pilgub. Tentu, diharapkan, masyarakat tidak mudah terprovokasi oleh mereka yang ingin merusak demokrasi dan iklim kondusif di Kalbar ini. Diharapkan Pangdam bisa akrab dengan tokoh-tokoh lintas etnis dan.lintas agama, yang semuanya memiliki tanggungjawab bersama menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

‘’Mudah-mudahan nanti jika ada penerimaan prajurit TNI, bisa pula diutamakan anak-anak kami dari daerah pedalaman. Tentu, jika persyaratannya memungkinkan,’’ imbuhnya. Demikian juga dengan kawasan perbatasan, dimana sangat rentan dan rawan dengan transaksi illegal.

‘’Yang saya tahu, Pangdam Mayjend TNI Achmad Supriyadi sudah tidak asing lagi dengan masyarakat Kalbar. Sebab, dahulunya pernah menjabat sebagai Kasdam XII Tjpr, dan yang saya tau adalah sosok yang bersahabat, merakyat, tegas dan berwibawa,’’ katanya. (ing)

Berita Terkait