Kasus Traktor Tangan Segera Pemberkasan

Kasus Traktor Tangan Segera Pemberkasan

  Jumat, 11 December 2015 08:28

Berita Terkait

SINTANG-Kejaksaan Negeri Sintang memastikan kasus dugaan korupsi pengadaan traktor tangan segera tuntas pemberkasannya. Pemberkasan kini tinggal menunggu hasil perhitungan kerugian negara.  
“Kalau hasil sudah ada perhitungan kerugian negara, langsung pemberkasaan,” kata Kepala Kejari Sintang, Riono Budisantoso, Kamis (10/12) disela press gathering memperingati Hari Anti Korupsi.

Kajari juga memastikan tersangka baru segera Kejaksaan tetapkan. Penetapan sebelum akhir Desember. Kejaksaan menargetkan penetapan tersangka bisa berjalan tanpa kendala. Lantaran sebelumnya pada akhir November tersangka baru bisa ditetapkan, namun belum terealisasikan. Sementara kini sudah tiga tersangka ditetapkan Kejaksaan dalam kasus dugaan korupsi traktor tangan. Mereka adalah PPTK, PPK dan panitia lelang. Kasusnya sendiri sudah bergulir sejak 2012 silam. Pengadaan traktor tangan ada di Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Sintang.

Terhadap ketiga tersangka kejaksaan belum melakukan penahanan. Penahanan, menurut Kajari, dipandang belum perlu. Hanya saja, tidak menutup kemungkinan dilakukan kalau diperlukan dalam memperlancar persidangan. “Maka akan ditindaklanjuti,” kata Kajari. Kajari menambahkan, beberapa kasus yang sedang dalam tahap penyidikan kini masih dalam proses. Baik yang terjadi di diwilayah hukum Sintang maupun Melawi. Kemudian, kini Kejari  juga sedang mendalami dugaan kasus korupsi Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) di Desa Karya Baru, Kecamatan Kayan Hulu yang dilimpahkan dari Polres Sintang. “Ini tinggal pelimpahan ke Pengadilan Tipikor,” kata Kajari.  

Kajari juga membeberkan beberpa kasus korupsi lainnya, termasuk yang sedang ditangani di Melawi, dan kendala yang dihadapi. Kajari menambahkan, pelaksanaan peringatan Hari Anti Korupsi seharusnya dilaksanakan pada 9 Desember. Namun di Kejari Sintang harus diundur sehari kemudian, karena bersamaan dengan pemungutan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang.(stm)

 

Berita Terkait