Kartius Minta Camat Tindak Pungutan di Jalan Rusak

Kartius Minta Camat Tindak Pungutan di Jalan Rusak

  Jumat, 8 January 2016 08:30
RUSAK: Kartius saat melakukan kunjungan kerja di beberapa kecamatan sempat terhenti di jalan dan jembatan yang rusak. FOTO IST

Berita Terkait

KETAPANG-Penjabat (Pj) Bupati Ketapang Kartius mengintruksikan kepada Kades Camat dan Dinas PU untuk meniadakan pungutan liar dibeberapa titik ruas jalan yang rusak, karena pungutan biaya oleh oknum warga sangat meresahkan pengguna jalan dan perbuatan memalukan.

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Kartius saat memimpin acara coffe morning yang dihadadiri oleh Plt Sekda Drs HM Mansyur. Para asisten, kepala bagian dan SKPD di Pendopo Rumah Dinas Jabatan Bupati Ketapang. Rabu (6/1).“Saya katakan ada beberapa ruas jalan di Kecamatanyang masih ada metting berupa pungutan liar oleh oknum masyarakat kepada pengguna jalan itu memalukan dan meresahkan,” tegas Kartius.

Menurut dia, kalau memang jalan atau jembatan rusak itu memang tanggung jawab pemerintah. Tetapi dia melihat kondisi jalan atau jembatan yang dibuat meting itu rusaknya tidak terlalu parah dan masih bisa di lalui.“Saya minta kades dan camat melakukan koordinasi dengan Dinas PU agar pungutan meting di jalan tersebut ditiadakan,” ucap Kartius.

Menurut Kartius, Camat dan Kades harus memaknai tugas dan fungsinya di wilayah masing-masing, karena jalan atau jembatan yang rusak merupakan tanggung jawab pemerintah untuk memperbaikinya.“Camat itu bupati di kecamatan. Dan Kades itu bupati di desa, cuma karena mereka ini kurang memaknai tugas dan fungsi jabatan mereka,” jelas Kartius.Hal tersebut disampaikan Kartius karena saat dia melakukan kunjungan kerja di beberapa kecamatan sempat terhenti di jalan dan jembatan yang rusak, serta ada warga yang memperbaiki dan memungut bayaran kepada pengendara yang lewat.

“Siapapun warga yang melakukan pungutan di meting itu tidak baik, kalau ada yang  rusak segera laporkan kepada Kades dan Camat untuk melakuka koordinasi dengan PU dan segera di tanggulangi,” ungkapnya.Selain itu, Kartius mengharapkan peran serta swasta yakni perusahaan yang berada di Kabupaten Ketapang terhadap kerusakan dibeberapa titik ruas jalan menuju ke kecamatan di Kabupaten Ketapang untuk ikut andil dan peduli dengan segera memperbaiki beberapa titik yang rusak.(afi)

 

Berita Terkait