Karolin : Mental dan Karakter Modal Utama Seorang Entrepreneur

Karolin : Mental dan Karakter Modal Utama Seorang Entrepreneur

  Kamis, 18 January 2018 12:16

Berita Terkait

PONTIANAK-Karolin Margeret Natasa menjadi salah satu pembicara dalam forum Tokoh Muda Bicara Ekonomi yang digelar BPD HIPMI Kalbar dalam DIKLATDA 3 di Hotel Harris Pontianak, Rabu (16/1) pagi. 

Di hadapan ratusan pengusaha di bawah naungan HIPMI se-Kalbar, Karolin yang juga Bupati Kabupaten Landak menekankan, bahwa mental dan karakter penting sebagai modal utama pengusaha sukses. "Modal menjadi pengusaha, nomor satunya bukan materi dan jenis usahanya tapi mental dan karakter, itu yang susah," katanya. 

Menurutnya dalam menjalani dunia bisnis yang dinamis seorang entrepreneur akan menghadapi berbagai kendala. Pebisnis yang tidak memiliki mental dan karakter yang kuat akan mudah kandas. "Harus mental petarung, inovatif dan adaptif melihat peluang usaha. Berusaha jangan hanya maunya kita tapi melihat keinginan pasar," uangkapnya. 

Melihat kondisi di Indonesia dimana usaha paling besar masih didominasi oleh UMKM, Karolin mengatakan kondisi ini menjadi tantangan HIPMI ke depan. Dari data BPS tahun 2017, dari 58 juta usaha mandiri yang ada di Indonesia, 1,65 persen dimiliki wirausaha dan 99 persennya UMKM. 

Melihat potensi UMKM yang begitu besar, Karolin yang juga bakal calon gubernur Kalbar ini berharap HIPMI mampu mendampingi dan mengayomi UMKM agar bisa bertahan dan terus hidup. "Sehingga berdaya saing dan tidak kalah dengan usaha besar lainnya," ucapnya.(ndo)

Berita Terkait