Kapuas River Cruise, Kemasan Baru Wisata Sungai

Kapuas River Cruise, Kemasan Baru Wisata Sungai

  Jumat, 19 Agustus 2016 09:08
PESONA WISATA AIR: Kapal wisata, Kapuas River Cruise ketika ikut merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-71 kemarin dengan membawa pengunjung mengelilingi suasana Kota Pontianak pada malam hari. ISTIMEWA

Berita Terkait

Sungai Kapuas sebagai sungai terpanjang se-Indonesia yang membelah kota Pontianak ini menjadi ikon utama kota ini selain keberadaan Monumen Tugu Khatulistiwa di kota yang berdiri sejak 1771 ini. Kini, ikon tersebut menjadi tujuan wisata yang dikemas apik menggunakan kapal bernama Kapuas River Cruise.

Pahlevi Y Harisandy, Pontianak

KAPAL besutan PT Wisata Kapuas Khatuliswa yang bekerjasama dengan galangan kapal ternama di Kalimantan Barat PT Steadfast Marine menciptakan wisata menyusuri sungai Kapuas dengan destinasi perjalanan menarik. Wisata ini dikemasnya baru dengan nuansa kapal yang natural.

Direktur PT Wisata Kapuas Khatulistiwa, Ruddy Kurniawan Logam membeberkan, dia membuat wisata ini untuk menghidupkan dan meningkatkan wisata kota Pontianak melalui sungai Kapuas. "Kita ingin tunjukan kepada masyarakat kota Pontianak bahwa kota kita ini adalah kota wisata dan yang paling dapat kita tonjolkan adalah wisata air melalui Sungai Kapuas," tuturnya.

Wisata menyusuri sungai Kapuas ini menyuguhkan keindahan kota Pontianak ditambah dengan destinasi perjalanan yang memperkenalkan beberapa tempat yang dianggap bersejarah di kota ini.

“Kita bawa pengunjung ke 10 tempat besejarah di kota Pontianak, dimulai dari Taman Alun-Alun Kapuas, Pelabuhan Dwikora, Tugu Khatulistiwa, Makam Kesultanan Pontianak, Kampung Beting, Keraton Kadriyah, Masjid Jami’, Pelabuhan Seng Hie, Jembatan Kapuas dan Kampung Banjar,” sebut Widia Djatiningrum, Penanggung Jawab Operasional Kapuas River Cruise.

Ditambahkan Widia, pengunjung Kapuas River Cruise tidak hanya sekedar berwisata atau berekreasi, melainkan juga akan mendapatkan nilai edukasi tentang sejarah berdirinya kota Pontianak. “Tour Guide kami siap menjelaskan setiap tempat bersejarah tersebut,” tambahnya.

“Salah satunya seperti Masjid Jami’, kita akan paparkan kepada wisatawan bahwa masjid ini merupakan salah satu masjid tertua di Kota Pontianak yang didirikan Sultan Syarif Abdurrahman pada tahun 1771 lalu,” lanjut Widia.

Tidak hanya sekedar berwisata sembari menikmati destinasi perjalanannya, pengunjung dihidangkan menu makan malam spesial dari Hotel Grand Kartika Pontianak saat menjajal kapal Kapuas River Cruise. “Kita sudah kerjasama dengan Hotel Grand Kartika, jadi pengunjung dapat menikmati makan malam yang spesial sembari menikmati destinasi perjalanan menarik dari kami,” terang Widia.

Relaksasi pengunjung juga akan dilengkapi live music di atas kapal Kapuas River Cruise yang menghibur wisatawan saat mereka menyantap menu makan malam dan menyambangi beberapa tempat bersejarah di kota Pontianak.

Kapal yang digunakan PT Wisata Kapuas Khatulistiwa merupakan kapal yang biasa berlabuh di dermaga Khatulistiwa Park area Tugu Khatulistiwa dan disulapnya menjadi kapal wisata sungai Kapuas nan apik. “Kita punya dua kapal yang akan siap beroperasi, dua kapal itu kami renovasi dan kami sempurnakan tampilannya agar terlihat lebih layak untuk para wisatawan yang akan menjajalnya. Setiap kapal kami setidaknya bisa menampung 50 orang wisatawan” ucap Widia.

Nuansa kayu membuat kapal bernama Kapuas River Cruise ini terlihat elegant dan menjadi magnet tersendiri kapal tersebut. Lantaran, lazimnya kapal wisata sungai Kapuas ini hanya terlihat biasa tanpa ada sentuhan interior dan eksterior kapal yang menambah estetika mereka.

“Nuansa kayu itu menambah nuansa alami dan tampak kelihatan lebih natural. Ditambah lagi, adanya karya lukis oleh pelukis ternama di kota Pontianak yang menambah nilai estetika kapal ini,”ulasnya.

Proses pengerjaan kedua kapal milik PT Wisata Kapuas Khatulistiwa ini memakan waktu sekitar dua bulan, sebelum siap menjadi transportasi wisata yang memanfaatkan sungai Kapuas sebagai destinasi utama mereka.

“Saat ini pengerjaan sudah masuk ke tahap akhir. Meski belum resmi kami luncurkan, kami sudah beberapa kali melayani beberapa pengunjung yang memesan perjalanan wisata yang kami suguhkan,” kata Penanggung Jawab Kapuas River Cruise ini.

Widia mengatakan, pihaknya akan segera meresmikan atau meluncurkan wisata menyusuri sungai Kapuas yang dikemasnya baru ini. “kami masih melakukan penyempurnaan kapal dan operasional lainnya. Kira-kira akhir Agustus ini kami siap meluncurkan secara resmi wisata sungai Kapuas,” paparnya.

Widia melanjutkan, tarif yang dipatok kepada pengunjung untuk dapat menjajal kapal bernama Kapuas River Cruise ini tidak merogoh kocek pengunjung terlalu dalam.

“Kita patok tarif  Rp250 ribu perorang dengan minimal 30 orang.  Pengunjung tersebut sudah dapat menikmati menu makan malam pilihan mereka, live music ditambah dengan dekorasi kapal yang sesuai keinginan mereka,” jelasnya. (**)

Berita Terkait