Kapolres: Tingkatkan Peran Bhabinkamtibmas

Kapolres: Tingkatkan Peran Bhabinkamtibmas

  Rabu, 30 March 2016 09:25
SERAH PENGHARGAAN: Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin menyerahkan piagam penghargaan kepada empat anggota Bhabin Kamtibmas, Selasa (29/3), dalam apel besar di halaman Mapolres Kapuas Hulu. MUSTA’AN/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat  (Bhabin Kambtibmas) merupakan penjuru Polri, dalam rangka memberikan perlindungan dan pengayoman serta pelayanan masyarakat. Untuk itu, peran Bhabin Kantibmas mesti terus ditingkatkan hingga ke pelosok desa, dengan menangani setiap persoalan muncul di masyarakat, sehingga tercipta kondusivitas di daerah.

Pesan tersebut disampaikan kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kapuas Hulu, AKBP Sudarmin, saat memimpin apel besar Bhabin Kamtibmas di halaman Mapolres, Selasa (29/3) pagi. Dalam arahannya dia berpesan agar Polres terus menciptakan kondusifitas daerah ini, dengan meningkatkan peran Bhabin Kambtibmas. Mereka ini, menurut Kapolres, merupakan penjuru Polri dalam memberi perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat.

Sudarmin juga menyampaikan penghargaan pada seluruh personel di seluruh jajaran. Dukungan dan kerja keras mereka dalam memelihara keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing, begitu diakuinya. “Kegiatan ini sebagai sarana introspeksi diri dan evaluasi kinerja yang sudah dilaksanakan, sekaligus memberi pembekalan pada personil untuk menangani setiap persoalan yang muncul di masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya secara estafet, Kapolres meminta agar anggota Bhabin Kamtibmas menyampaikan materi yang sudah diberikan saat ini pada masyarakat. “Pertama pembekalan yang kami berikan masalah Operasi Bersinar (narkoba, karhutla, banjir dan barang-barang ilegal). Nantinya agen-agen kami dari Bhabin Kamtibmas inilah yang jadi penjuru untuk bersentuhan langsung dengan masayarkatnya,” bebernya.

Mantan Dirkremsus Polda Kalbar ini menjelaskan, pola pelayanan yang dilakukan anggota Bhabin Kamtibmas bisa dengan mengumpulkan masyarakat atau door to door. Bhabin Kamtibmas inilah yang diakui dia, menjadi tempat masyarakat untuk menyampaikan keluhan mereka. Dia meminta agar berbagai permasalahan yang disampaikan ditampung terlebih dahulu, dimusyawarahkan, dibahas, dan kemudian mencari solusinya. “Kalau persoalan bisa diselesaikan di desa, diakomodir Bhabin Kamtibmas, cukup di situ,” tegasnya.

Sudarmin menyebutkan prioritas anggota Bhabin Kamtibmas saat ini yakni mengantisipasi masalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) serta narkoba. Masyarakat, menurut dia, hendaknya diberi pemahaman terhadap karhutla. “Bhabin Kamtibmas ini harus setiap hari ke desa-desa, bertemu dengan masyarakat. Merekalah yang mensosialisasikan, membakar lahan itu dampaknya sangat luas nanti,” pungkasnya.

Di kesempatan ini Sudarmin menyerahkan penghargaan kepada empat anggota Bhabin Kamtibmas di beberapa kepolisian sektor (Polsek). Dia menilai bahwa mereka telah berprestasi membina masyarakat di wilayah kerja masing-masing. Keempatnya adalah anggota Polsek Bika, Polsek Kota, Polsek Pengkadan, dan Polsek Silat Hilir. “Saya memberi penghargaan pada empat anggota Polsek yang sudah mampu menangani persoalan di masyarakatnya,” tutur dia.(aan)

Berita Terkait