Kapolda Resmikan Taman Baca Kemala Cinta Indonesia

Kapolda Resmikan Taman Baca Kemala Cinta Indonesia

  Senin, 30 November 2015 10:50
BERSAMA: Kapolda Kalbar, Kapolres Kapuas Hulu dan beserta istri foto bersama pelajar SD Kecamatan Puring Kencana di Taman Baca Kemala Cinta Indonesia. MUSTAAN/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Taman bacaan ini merupakan program dari Kepolisian Daerah Kalimantan Barat. Kapuas Hulu juga mendapatkan ‘’jatah’’ untuk taman bacaan ini. Sebelumnya, Agustus setahun lalu, Taman Bacaan serupa juga diresmikan di Nanga Badau, kecamatan Badau, Kapuas Hulu. Mustaan, KAPUAS HUlu

Di bawah terik mentari, siang itu terlihat puluhan pelajar Sekolah Dasar (SD) dari beberapa sekolah di Kecamatan Puring Kencana berbaris rapi. Sejak pagi mereka sudah menunggu kedatangan rombongan Kapolda Kalbar Brigjen Pol. Arief Sulistiyanto yang akan meresmikan Taman Bacaan “Kemala Cinta Indonesia” di Desa Sungai Antu, Kecamatan Puring Kencana Kabupaten Kapuas Hulu.
Untuk daerah Kapuas Hulu, ini taman bacaan yang kedua diresmikan oleh Ketua Bhayangkari Kalbar, Niken Manohara Arief Sulistiyanto, Jumat (27/11). Diharapkan, kehadiran tamaan bacaan di ujing paling timur Kalbar yang berbatas langsung dengan serawak Malayisia timur ini diharapkan mampu meningkatkan keluitas SDM anak-anak perbatasan. sehingga tumbuh pemimpin-pemimpin negeri ini yang tangguh dan berkualitas. Kehadiran taman bacaan di Kecamatan paling ujung dan berbatasan ini merupakan solusi bagi masyarakat perbatasan.
Taman baca yang meyediakan berbagai jenis buka, mulai dari TK, SD, SMP dan SMA serta umum ini juga diharapkan sebagai sumber memperoleh sumber pengetahuan.“Kami bangu taman baca di Puring Kencana dalam rangka menumbuhkembangkan minat baca anak sejak usia dini. Harapan saya taman bacaan ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dari desa lain di Puring Kencana,” tutur Niken.
Dijelaskan Niken, pembangunan taman bacaan merupakan program jajaran kepolisian daerah Kalbar untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM serta menumbuhkan rasa cinta tanah air bagi masyarakat di perbatasan. Untuk daerah Kalbar, taman bacaan di Puring Kencana ini merupakan yang ke-14 dan untuk di Kapuas Hulu ini baru dua buah yakni Puring Kencana dan Badau.
“Taman bacaan dibangun bukan untuk keluarga polisi, namun seluruh masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa bisa memanfaatkannya. Karena buku yang disediakan di taman bacaan ini beragam. Misal cara berkebun, beternak dan lain-lain,” terangnya. Ia berharap, taman bacaan di Kecamatan Puring menjadi pemacu semangat belajar siswa-siswi dan masyarakat pada umumnya.
Niken berharap dari Puring Kencana akan tumbuh generasi pemimpin Indonesia. Karena anak-anak disini sangat dekat dengan Malaysia, jangan sampai luntur cinta terhadap tanah air, justri sebaliknya rasa cinta tanah air semakin kuat. Patih Pilang, tokoh masyarakat Puring Kencana menyambut baik kehadiran taman bacaan itu.Karena daerah Puring Kencana masih jauh tertinggal bidang pendidikan.
“Banyak anak-anak perbatasan memilih sekolah ke Malaysia,” kata Patih Pilang. Diharapkan dengan adanya taman bacaan ini sangat membantu kami memperoleh pengetahuan berbagai hal,” ungkap Pilang. Ia juga mengapresiasi Kepolisian yang peduli masalah pendidikan di perbatasan. Ia optimis taman bacaan di Puring Kencana bisa jadi refrensi untuk peningkatan SDM masyarakat perbatasan.
Senada dengan Patih Pilang, Ika, siswa kelas 2 SMP Negeri Puring Kencana mengaku senang dengan adanya taman bacaan Kemala Cinta Indonesia yang di resmikan ibu kapolda. Menurutnya, semakin banyaknya refrensi dan membaca buku, semaki banyak juga ilmu pengetahuan bertambah.
“Taman bacaan ini bisa membantu pemenuhan kebutuhan buku, selain yang disediakan sekolah,” tuturnya.
Ika yakin tempat ini menjadi pemacu semangat teman-teman dan anak-anak di Puring Kencana ini untuk belajar. Kapolres Kapuas Hulu AKBP Sudarmin SIK mengapresiasi dukungan masyarakat dan aparat TNI Pamtas selama proses pembangunan taman bacaan tersebut.“Pembangunan taman bacaan ini merupkan dorongan masyarakat perbatasan dan bimbingan Kapolda Kalbar,” terangnya.
Dikatakan Sudarmin, taman bacaan ini membantu Pemda Kapuas Hulu di dalam pemenuhan fasilitas pendidikan “Saya yakin kehadiran taman bacaan ini bisa meransang minat baca anak-anak di Puring Kencana ini,” ungkap Kapolda. Asisten I, Setda Kapuas Hulu Drs. Abdullah Usman,M.Si mengatakan taman bacaan itu sangat membantu Pemda dalam peningkatan Indek Pembangunan Manusia (IPM).
Kapolda Kalbar Brigjend (Pol) Arief Sulistyanto mengatakan, taman bacaan tersebut bisa menjadi refrenis masyarakat di dalam menambah sumber pengetahuan. “Sebagai orang tua, harus siapkan anak kita untuk menempuh pendidikan dengan baik. Fasilitas taman baca ini mungkin terbatas, tapi saya yakin ini bisa membantu anak-anak dalam menambah ilmu dan pengetahua,” kata Kapolda. (*)

 

Berita Terkait