Kantor & Sampit Launching Sianiduk

Kantor & Sampit Launching Sianiduk

  Kamis, 14 April 2016 10:17
LAUNCHING SIANIDUK: Pemerintah Kelurahan Sampit dan Kelurahan Kantor, Kecamatan Delta Pawan, secara serentak me-launching Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Sianiduk) di kantor mereka masing-masing, Senin (14/4) lalu. ISTIMEWA

Berita Terkait

KETAPANG – Setelah Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Ketapang me-launching Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (Simpelpadu, maka Senin (14/4) lalu giliran Kantor Kelurahan Sampit dan Kelurahan Kantor, Kecamatan Delta Pawan meluncurkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (Sianiduk). Peluncuran berlangsung secara serentak  di masing kantor kelurahan tersebut.

Dengan sistem ini, kepala Kelurahan (Lurah) Kantor, Uti Yusra, berharap agar pelayanan administrasi di kelurahan akan menjadi lebih mudah dan cepat. Dengan demikian, harapan dia, masyarakat yang berurusan tidak perlu menunggu terlalu lama. “Dalam hitungan menit surat yang ingin didapat di kelurahan sudah dapat terpenuhi,” tegas Yusra.

Harapan yang sama juga disampaikan Lurah Hairani SMnME. Ia menerangkan, dalam masa uji coba penggunaan sistem ini, perangkat kelurahan merasakan kemudahan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Penegasan Lurah tersebut dibenarkan sekretaris Kelurahan Sampit, Herman Suwanto SIp. Diungkapkan dia jika sistem ini dibangun atas kerja sama Kelurahan Kantor dan Kelurahan Sampit, yang dikoordinatori kepala Seksi Tata Pemerintahan Kelurahan Kantor, Khadi

Fitriadi SIP dan dirinya sendiri. Sistem ini, diakui dia, dilengkapi grafik dan diagram pelayanan, yang memaparkan jumlah layanan satu bulan dan jumlah data kependudukan secara umum. Dengan demikian dia yakin, tidak perlu lagi melakukan pengeditan file dan di-save-as untuk membuat  surat rekomendasi atau lainnya. “Cukup cari nama, isi isian yang ada dalam sistem dan klik surat apa yang diinginkan, maka surat pun akan di-print,” papar Khadi.

Dalam pengembangan sistem pelayanan, ia mengakui pentingnya ide-ide dan inovasi pelayanan yang disajikan pemerintah pada umumnya. Demikian juga dengan yang dilaksanakan di kelurahan, sehingga akhir dari pelayanan yang dilakukan diharapkan dia akan lebih memuaskan masyarakat, serta mampu membangun Ketapang menuju Ketapang yang lebih baik. Harapannya, Kelurahan Kantor dan Kelurahan Sampit akan menjadi kelurahan e-administrasi  pertama di Kabupaten Ketapang. ”Semoga ke depannya Ketapang dapat menjadi kota smart city seperti yang diidam-idamkan oleh kota besar saat ini,” tuntasnya. (ser)

Berita Terkait