Kantor CU Pancur Solidaritas Dibangun

Kantor CU Pancur Solidaritas Dibangun

  Kamis, 29 Oktober 2015 10:40
BATU PERTAMA: Penjabat Bupati Ketapang Kartius SH MSi melakukan peletakan batu pertama pembanguan Kantor CU Solidaritas di Jalan MT Haryono Ketapang, Selasa (27/10) lalu. ISTIMEWA

KETAPANG – Peletakan batu pertama pembangunan Kantor Credit Union (CU) Pancur Solidaritas dilakukan Penjabat (Pj) Bupati Ketapang Kartius SH MSi dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang Ny Yuliana Kartius AMd. Acara yang bertepatan dengan ulang tahun (HUT) ke-14 lembaga keuangan CU Pancur Solidaritas tersebut, dikemas dalam acara seremoni dan doa, dengan dipimpin uskup Ketapang, Mgr Pius Riana Prabdi.

Setelah dilakukan doa dan pemberkatan oleh Uskup Ketapang, Pj Bupati pun didaulat untuk meletakan batu pertama, dengan diikuti Uskup Ketapang, Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Ketapang Drs Syahrani, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ketapang, dan para pengurus CU Pancur Solidaritas yang berlokasi di Jalan MT Haryono Ketapang tersebut, Selasa (27/10) lalu.

Pj Bupati menilai dengan dirayakannya HUT ke-14 CU Pancur Solidaritas ini, menandakan jika mereka telah dapat dipercaya oleh nasabahnya hingga berkembang dan semakin eksis. CU yang satu ini juga dinilai Pj Bupati sebagai salah satu lembaga keuangan yang berperan dalam roda perekonomian maupun pembangunan di Kabupaten Ketapang. Dia menggambarkan bagaimana potensi yang dimiliki Pancur Solidaritas, dengan jumlah anggota mencapai 25.521 orang dan total aset yang dimiliki sebesar Rp224,4 miliar. Tak hanya itu, Cu Pancur Solidaritas, menurut dia, juga telah mengucurkan dana berupa pinjaman kepada anggota mencapai Rp154,9 miliar, dengan didukung sebelas kantor cabang yang tersebar di berbagai kecamatan di kabupaten ini. "CU Pancur Solidaitas merupakan tempat simpan pinjam bagi anggotanya dengan mekanismenya yang lebih mudah dibandingkan usaha keuangan lainnya," ungkap Pj Bupati.

Langkah-langkah nyata dan berkualitas dari kinerja CU Pancur Solidaritas, diakui dia, sangat menetukan maju serta mundurnya perkembangan mereka di masa yang akan datang. Selain itu, dengan peletakan batu pertama pembanguan kantor mereka di Jalan MT Haryono, bagi Pj Bupati, memperlihatkan bagaimana keberadaan mereka di Kabupaten Ketapang semakin berkembang dan dapat menambah motivasi semangat kerja bagi pengurus dan anggota CU.

Manager CU Pancur Solidaritas, Martinus SE, berharap paling lambat satu tahun pembangunan kantor ini berdiri. Pembangunan ini sendiri, diakui dia, sudah beberapa kali akan dilaksanakan, tetapi selalu tertunda. "Tahun depan sudah clear. Ini  harapan anggota kita juga," ucapnya.Apa lagi dijelaskan dia bahwa secara keuangan, pembangunan kantor mereka sudah tidak ada masalah, karena dana pembangunan sudah tersedia. Dia juga menjelaskan jika CU Pancur Solidaritas ini adalah lembaga simpan pinjam, dengan kemudahan yang diberikan kepada anggota. Selain simpan pinjam, kemudahan lainnya diberikan mereka adalah transfer keuangan untuk anak-anak para anggota yang berada di pedalaman dan jauh dari bank.Selain itu pemberian modal usaha, kepada anggota CU juga akan diberikan mereka berdasarkan kemampuan dan kelayakan berdasarkan hasil survei atas bisnis anggota mereka. "Kita sarankan kepada anggota untuk usaha ekonomi produktif seperti sembako, industri rumah tangga," kata Martinus. (afi/ser)