Kantor Camat jadi Mapolres Sementara

Kantor Camat jadi Mapolres Sementara

  Rabu, 5 Oktober 2016 10:33

Berita Terkait

2017 Polres Kayong Utara Diprediksi Berdiri

SUKADANA – Wakil Bupati (Wabup) Kayong Utara Idrus mengungkapkan bahwa pemeritah daerah telah menyediakan lahan untuk untuk pembangunan Polres setempat, bersamaan dengan asramanya. “Sudah kita sediakan lahan 2 hektare lebih dan 5 hektare lebih untuk dibangun Polres ini,” kata Idrus, Selasa (4/10) usai menerima kunjungan perwakilan Polda Kalbar di Sukadana.

Idrus menjelaskan, untuk Markas Polres sementara, sembari menunggu pembangunnya selesai, mereka meminjamkan Kantor Camat Sukadana yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian pembangunan untuk digunakan. “Menunggu Polres dibangun sementara ini, kita persilakan menggunakan Kantor Camat yang masih dalam pengerjaan,” katanya.

Terkait hal ini, setelah  kegiatan Sail Selat Karimata, diharapkan dia agar para personel kepolisian dapat segera menepati kantor camat tersebut. Untuk asrama dan sebagainya, dikatakan dia bahwa pihak Pemda masih berusaha mencarikan solusinya. Terlebih untuk acara akbar ini saja, dikatakan dia bahwa Pemda sudah memesan semua rumah milik masyarakat untuk dijadikan homestay para tamu. Pemesanan tersebut, menurut dia, termasuk beberapa kendaraan yang akan dipergunakan para tamu yang hadir.

Sementara itu, Karosapras Polda Kalbar Tjahyono Prawoto, mengatakan saat ini sudah ada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) yang menyatakan Kayong Utara sudah siap dibangun Polres. Untuk itu, lanjut dia, mereka tinggal memverifikasi lahan yang telah disiapkan oleh Pemda Kayong Utara.

“Kita dari Polda tim verifikasi bahwa di Kabupaten Kayong Utara sudah ada Kepmenpan untuk adanya Polres Kayong. Untuk itu kita datang untuk melihat secara fisik lahan yang  akan dipersiapkan untuk membangun Mapolres. Ternyata lahan ini juga sudah disiapkan pemerintah daerah. Kayaknya cukup luas, namun perlu ada pengerasan, pengosongan, artinya lahan ini nantinya sudah siap bangun  karena Polri akan segera mewujudkan bangunan untuk Mapolres itu, kalau lahannya sudah betul-betul siap,” terang Karosapras ketika meninjau lahan yang akan dibangun Polres.

Mereka berencana akan menyampaikan hasil peninjauan ke lapangan tersebut ke Kapolri. Dikatakan dia, dalam waktu dekat ini pihak Polda akan mempersiapkan apa saja fasilitias penunjang, dan anggota yang akan ditempatkan di Kabupaten Kayong Utara.

“Dan tadi kita juga sudah lihat dari pemerintah daerah meminjamkan sementara Kantor Kecamatan untuk dipergunakan sementara Mapolres, kita mengucapkan terima kasih. Dan nantinya akan membuat laporan. Karena sudah ada Kemenpan yang nantinya akan ditindaklanjuti ke Kapolri untuk segera perkuatan sumber daya sarana prasarana, dan sumber daya manusianya, kelengkapannya harus segera dilaksanakan untuk pelayanan masyarakat di Kayong Utara,” sambungnya.

Pihak Pemda sendiri, dikatakannya, sudah menyiapkan dua lahan, yang mana dua lahan berbeda itu diperuntukkan buat bangunan Polres dan asrama kepolisian. Adapun luas Polres yang akan dibangun ini mencapai luas 5 hektare lebih, di mana lokasinya pun berdekatan dengan rumah sakit yang rencananya juga akan dibangun Pemkab. “Opsi untuk pembangunan lahan, inikan ada 2 lahan, ditempat kita berdiri ini 2 hektare lebih, yang pertama tadi kita lihat 5 hektare lebih, untuk kedepannya kita mendirikan lahan 5 hektare itu untuk Mapolres, dan  2 hektare ini untuk asrama. Tetapi kita juga mengharapkan campur tangan pemerintah daerah, untuk mematangkan lahan ini, artinya lahan ini sudah siap bangun,” ujarnya.

Terkait banyaknya pertanyaan masyarakat mengenai kapan akan dibangun Polres, dirinya memperkirakan akan dilakukan pada 2017 mendatang. Aapalagi pihak Polda sendiri juga sudah mendapat persetujuan dari Kemenpan. “Dalam waktu dekat ini akan berdiri Polres karena dari Kepmenpannya juga sudah ada bahwa di Kabupaten Kayong ini ada Polres. Selanjutnya tinggal ditindaklanjuti Kep dari Polri. Mudah-mudahan 2017 bangunannya sudah mulai diratakan, dan personilnya sudah bisa digeser ke sini (Kayong Utara, Red),” katanya.

Sementara itu, Karo SDM Polda Kalbar Heri Maryadi, mengungkapkan, dengan dipinjampakaikannya kantor camat ini, dalam waktu dekat mereka sudah mulai menempatkan personel kepolisian. Diprediksi dia, 160 personel akan ditugaskan di Kabupaten Kayong Utara. Dia berharap, dengan berdirinya Polres di Kayong Utara, akan membuat investor melirik untuk berivestasi di Kayong Utara. Dengan keberadaan Polres tersebut, dia yakin, tingkat keamanan akan lebih efektif, sehingga menambah pendapatan daerah itu sendiri. Bahkan, diakuinya, dengan anggaran Polres yang mencapai Rp14 miliar ini, tentu perputaran ekonomi di Kayong Utara semakin banyak, sehingga akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang membuka berbagai usaha.

“Kita kan sudah pinjam kantor camat, artinya sebelum 2017 sudah bisa diisi, karena ada beberapa keuntungan dengan adanya Polres ini. Pertama, investasi akan lebih baik, para pengusaha itu kalau keamanannya terjamin mereka pasti akan datang, apalagi ada Sail Karimata. Apalagi anggota kita cukup banyak, anggaran untuk Polres itu di atas Rp14 miliar. Kalau 14 miliar itu diputar di sini (Kayong Utara, Red) cukup menambah ekonomi orang Kayong. Ada beberapa manfaat, selain anggota memberikan keamanan, kenyamanan, juga untuk perputaran ekonomi di Kayong ini. Kalau kantor camat sudah jadi, saya akan kirim 160 personel,” tutup Heri. (dan)

Berita Terkait