Kans Tipis Si Merah Di Eropa

Kans Tipis Si Merah Di Eropa

  Jumat, 13 May 2016 09:30

Berita Terkait

LIVERPOOL – Untung ada Christian Benteke. Ya, meski dianggap pembelian gagal musim ini, harus diakui gol pemain berusia 25 tahun itu kemarin (12/5) membuat Liverpool untuk sementara masih bisa 'bernafas' dan menjaga mimpi tampil di Eropa musim depan. Dengan bermain imbang 1-1 versus Chelsea kemarin (12/5) di Anfield pada pekan ke-37, The Reds, julukan Liverpool, tertahan di posisi delapan klasemen dengan poin 59. 

Hasil itu membuat situasi Liverpool genting. Juga Liverpool kecil peluangnya menyalip West Ham (62 poin) dan Southampton (60 poin) yang nangkring di posisi enam dan tujuh. Ketiganya sedang bertarung buat tampil di Europa League 2016-2017 mendatang. Dengan sisa satu laga, maka nasib James Milner dkk untuk lolos ke Eropa harus menggantungkan hasil West Ham dan Southampton. Nasib baik atau buruk, Liverpool masih akan ditentukan di pekan ke-38 Minggu (15/5) mendatang. 

Liverpool akan bertandang ke markas West Bromwich Albion. Dua pesaing Liverpool lainnya, Southampton menjamu Crystal Palace. Sementara West Ham akan bertandang ke markas Stoke City. Sambil berharap West Ham dan Southampton terpeleset, Liverpool harus mengamankan poin atas West Brom. Pada perjumpaan perdana musim ini di Anfield (13/12) lalu, keduanya bermain imbang. 

“Kami menjalankan 15 menit pertama dengan indah meski tanpa menghasilkan gol. Lantas kami kehilangan kesabaran dan formasi kami pun menjadi kacau,” aku tactician Liverpool Juergen Klopp kepada The Guardian kemarin. Liverpool tertinggal lebih dahulu melalui gol indah Eden Hazard pada menit ke-32. Melewati kepungan tiga pemain Liverpool di sisi kanan pertahanan, peraih gelar PFA Players of The Years 2014-2015 itu merangsek ke kotak penalti dan menembakkan bola ke tiang jauh yang gagal dihalau kiper Simon Mignolet.

Liverpudlian harus menahan nafas sampai akhir laga. Di penghujung pertandingan, sebuah crossing pemain pengganti Sheyi Ojo dari kanan pertahanan Chelsea gagal ditangkap sempurna oleh kiper Chelsea Asmir Begovic. Benteke yang sudah menunggu pun menyundul bola muntah Begovic tersebut.“Kami tidak menjadi unit pertahanan yang baik dan energi kami cukup terkuras untuk masalah pertahanan. Untuknya Simon Mignolet, Dejan (Lovren), dan Kolo (Toure) bermain dengan solid,” ucap Klopp. 

Karena laga kemarin adalah laga kandang terakhir Liverpool, seperti diberitakan Mirror Klopp dan para pemain Liverpool mengitari lapangan seusai laga. Dalam jepretan Mirror, Roberto Firmino menggendong putrinya dan mendapat tepukan dari seluruh stadion. 

Dominasi penyerangan Liverpool dari sayap terlihat dari banyaknya umpan crossing yang menyentuh angka 20 kali. Chelsea hanya delapan kali umpang silang. Chelsea kemarin memainkan lebih banyak long ball yang berjumlah sampai 70. Liverpool hanya 58. Gelombang serangan Liverpool hampir merata. Antara dari sisi kanan, tengah, ataupun kiri. Persentasenya 39 persen, 31 persen, dan 30 persen. Sementara Chelsea sisi kiri lebih dominan dengan 41 persen. Sisi kanan 37 persen dan tengah hanya 22 persen. 

Gelandang Liverpool kepada Mirror mengakui seandainya musim ini adalah musim terbaik yang dilakoninya. Mantan pemain Bayer Leverkusen itu menuturkan spirit berjuang Liverpool di tangan Klopp sangat luar biasa. “Bersama Klopp kami membuat perbedaan dan Klopp sudah meletakkan funamental tim buat masa mendatang. Saya ingin lebih bagus dari musim ke musim,” ujar Can. 

Sementara itu, tactician Chelsea Guus Hiddink memuji penampilan Hazard. Setelah hampir frustrasi di tangan tactician Chelsea sebelumnya, Jose Mourinho, Hazard menemukan konfidensi di akhir musim. Versi Transfermarkt pemain 25 tahun itu secara total absen 64 hari dan sepuluh pertandingan buat Chelsea musim ini. Cedera terparah Hazard, yakni cedera pinggul, membuatnya istirahat 43 hari. Sejak 10 Maret sampai 22 April lalu. 

“Hazard adalah salah satu pemain terbaik musim lalu dan musim ini sangat merosot karena cedera dan sebagainya. Hal itu lantas membuatnya mudah kelelahan secara fisik,” ujar Hiddink seperti diberitakan The Guardian. Chelsea dengan hasil kemarin juga tak akan melompat lebih tinggi dari posisi sembilan di klasemen. Dengan hanya mengumpulkan poin 49, jarak The Blues, julukan Chelsea, dengan Liverpool yang ada di peringkat delapan cukup jauh, sepuluh poin.(dra)

Berita Terkait