Kandidat Kuat Rookie of the Year NBA 2017-2018

Kandidat Kuat Rookie of the Year NBA 2017-2018

  Kamis, 11 January 2018 10:00
FOTO : Ben Simmons DAN Donovan Mitchell

Berita Terkait

Tinggal Simmons Atau Mitchell

PHILADELPHIA-Tanpa terasa, NBA musim 2017-2018 sudah masuk separuh jalan. Peta tim-tim yang punya peluang mendapat tiket playoff mulai tampak. Baik itu di wilayah barat maupun timur. Begitu juga dengan peta pemain-pemain yang tampil moncer musim ini. Kandidat Rookie of the Year juga sudah mulai kelihatan.

Seiring waktu berjalan, ada empat rookie yang begitu menyita perhatian. Mereka adalah Ben Simmons (Philadelphia 76ers), Jayson Tatum (Boston Celtics), Donovan Mitchell (Utah Jazz), dan juga Kyle Kuzma (Los Angeles Lakers). Dari keempatnya, hanya Kuzma yang tidak bermain reguler sebagai starter. 

Namun jika diperas lebih dalam, sesungguhnya peta persaingan untuk memperebutkan gelar Rookie of the Year musim ini tinggal mengerucut pada dua nama. Yakni Simmons dan Mitchell. 

Dua nama ini memang terus bermain apik dan sangat konsisten. Lebih dari itu, penampilan keduanya menjadi kunci untuk mengerek prestasi tim masing-masing menembus persaingan babak playoff.

Simmons sampai saat ini punya raihan 16,9 poin, 7,5 assist, dan 8,4 rebound per game. Dia tipikal pemain serba bisa yang sama baiknya dalam menggalang defense maupun offense. Dengan postur setinggi 208 cm, Simmons punya tenaga lebih besar saat berduel dengan barisan guard lawan yang mayoritas memiliki postur lebih kecil. Saat harus berhadapan dengan para forward terutama big man lawan, gerakan kakinya yang cepat sering membuat pemain lawan gelagapan. Sebagai point guard, visi Simmons sangat baik. Dia cerdas dalam membaca game. 

''Apapun yang terjadi biarlah terjadi. Saya merasa semua ini adalah anugerah. Saya bahagia dengan apa yang saya dapat saat ini,” ucap Simmons mengenai peluangnya menggondol gelar Rookie of the Year via ESPN.

Jika ada yang membuat ragu gelar itu lari dari genggaman Simmons, itu adalah performa Sixers yang sedikit menurun sepanjang Desember 2017. Mereka kini keluar dari zona playoff dengan menduduki peringkat sembilan wilayah timur dengan rekor 19-19.

Saat performa Sixers menurun, Mitchell bersama Jazz malah menggila. Shooting guard 21 tahun tersebut saat ini menjadi pemain paling subur di timnya dengan donasi 18,5 point per game. Pemain yang didraft oleh Utah Jazz pada nomor ke-13 itu menjadi rookie terproduktif sejauh ini. Kemampuan menembaknya mengerikan. Dia bisa membidik three point, di posisi medium, maupun di dekat ring.

Jazz saat ini memang masih belum masuk zona playoff. Mereka hanya menempati ranking sepuluh wilayah barat dengan rekor 16-24. Namun, penampilan apik Mitchell terus memberikan Jazz asa untuk menembus playoff musim ini. ''Saya hanya ingin terus menjaga mental sebagai pemenang di setiap pertandingan,” ucap Mitchell kepada The Salt Lake Tribune.

Salah satu kemampuan Mitchell yang paling menonjol saat ini adalah performanya yang apik di masa-masa krusial yakni di kuarter keempat. Saat ini, dia tercatat punya raihan 6,5 point per game di kuarter tersebut. 

Itu membuatnya menjadi pemain paling subur keempat di liga pada kuarter pemungkas. Mantan pemain University of Louisville itu hanya kalah dari megastar Cleveland Cavaliers LeBron James, lalu Lou Williams (Los Angeles Clippers), dan DeMarcus Cousins (New Orleans Pelicans). (irr/nur)
 

Berita Terkait