Kampong Dihias

Kampong Dihias

  Sabtu, 20 Agustus 2016 09:35
BERSOLEK: Warga menghiasi gapura dengan pernak pernik merah-putih

SEMARAK perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun 2016 dirasakan berbeda dibandingkan sebelumnya. Tidak hanya antusias melaksanakan kegiatan lomba, pernak pernik merah-putih yang menghiasi lingkungan tempat tinggal warga semakin menambah kemeriahan hari kemerdekaan.

Masyarakat tampak berlomba-lomba mempercantik lingkungannya dengan ornament hiasan merah-putih. Misalnya dengan menghiasi gapura dengan pernak pernik bendera agar menimbulkan nuansa yang berbeda selama perayaan hari kemerdekaan.

 “Dengan pernak pernik merah putih dilingkungan masyarakat ini semakin menambah kemeriahaan suasana kemerdekaan. Jadi, ada nuansa yang berbeda dari hari-hari normal biasanya,” pendapat warga Sungai Pinyuh, Julfi, Jumat (19/8) sore.

Dia pun memberikan apresias terhadap kesadaran masyarakat yang telah mendandani lingkungannya dengan nuansa merah putih. Hal itu membuktikan besarnya rasa nasionalisme dalam diri masyarakat itu sendiri.

 “Artinya masyarakat sangat menghargai dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan harta dan nyawa demi merebut kemerdekaan. Semangat nasionalisme seperti inilah yang harus terus dipupuk dan ditularkan kepada generasi muda mendatang,” tuturnya.

Sebab, imbuh dia, semangat perjuangan dan nasionalisme tidak boleh hilang dalam diri setiap anak bangsa. Karena, rasa kecintaan terhadap bangsa dan negara akan menumbuhkan sikap memiliki dan menjaga. Khususnya menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 “Tanpa rasa nasionalisme, mustahil kita bisa mempertahankan dan mengisi kemerdekaan di negeri ini. Makanya, penting untuk menjaga rasa nasionalisme dan perjuangan pahlawan agar terus berkobar dalam diri setiap warga negara,” tuntasnya.(wah)