Kalbar, Tuan Rumah Borneo Mupen on The Road 2015, Hari ini, Sambut Iring-iringan Kendaraan 3 Provinsi di Tayan

Kalbar, Tuan Rumah Borneo Mupen on The Road 2015, Hari ini, Sambut Iring-iringan Kendaraan 3 Provinsi di Tayan

  Kamis, 3 December 2015 12:07
Foto Istimewa

Borneo Mupen on The Road kali ketiga di tahun 2015 ini, Kalimantan Barat bertindak sebagai tuan rumah. Kamis (3/12) ini, rencananya iring-iringan mobil dari provinsi lain di zona Kalimantan akan tiba di Kalbar, tepatnya kecamatan Tayan, kabupaten Sanggau. Sebelumnya, rombongan menuju ke Entikong mengadakan kampanye KB.Oleh : Mirza Muin, Sanggau

SEDIKITNYA ada 16 mobil penerangan milik BKKBN dan SKPD kabupaten/kota se-Kalbar, ditambah 7 unit kendaraan Polda dan 3 unit mobil Kodam XII/Tanjungpura ikut dalam rangkaian BMoTR. Rombongan dari Kalbar dilepas langsung oleh Waka Polda Kalbar, Kombes Pol Joko Irianto di halaman Mapolda Kalbar, Selasa (2/12) pagi. Rute dimulai dari Pontianak, singgah ke Puskesmas Sungai Pinyuh Mempawah dan Puskemas Kabupaten Landak dan berakhir di kecamatan Entikong, Sanggau. Di beberapa titik persinggahan itu, rombongan memberikan pelayanan KB kepada para akseptor warga setempat.  

Wakapolda Kalbar, Kombes Pol Joko Irianto melepas rombongan borneo semarak mobil unit penerangan (Mupen) KB on the road lintas kalimantan menuju Entikong, Kabupaten Sanggau, di halaman Polda Kalbar, Selasa (1/12). Sedikitnya ada 26 mobil terdiri dari 16 mobil milik BKKBN kabupaten kota se Kalbar, 7 unit mobil Polda Kalbar, ditambah 3 unit mobil Kodam XII Tanjungpura.

Dalam sambutannya, pihak Polda Kalbar intinya mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan BKKBN Provinsi Kalbar. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan program keluarga kecil bahagia di wilayah Kalbar, dengan fokus di wilayah terpencil dan perbatasan. “Adanya road show ini dapat sebagai jembatan informasi untuk peningkatan akses informasi perihal program keluarga berencana,” katanya. Tak hanya itu, Joko juga menyinggung untuk melibatkan ibu rumah tangga dan semua pihak agar terlibat untuk menyukseskan program KB. “Selain mensupport program KB, juga dapat sekaligus mendukung dan menggaungkan program keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat, termasuk didalamnya pasangan usia subur,” tambahnya.  

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Perwakilan BKKBN Kalbar, Muslimat menginginkan agar program Keluarga Berencana dapat tersampaikan hingga masyarakat bawah. “Dengan Borneo Mupen on The Road ini, diharapkan mampu menggelorakan lagi program KB yang sedikit memudar beberapa tahun belakangan, tepatnya ketika zaman orde baru,” beber mewakili Kaper BKKBN Kalbar, Mustar yang berhalangan hadir.

Dia berharap, adanya kegiatan ini dapat menjadi penyebaran informasi,  khususnya program KB dengan sasaran masyarakat terpencil, kumuh dan wilayah perbatasan. Di titik yang telah disiapkan itu, petugas telah menyiapkan pelayanan KB bagi masyarakat. “Ini dalam rangka optimalisasi pendayagunaan mobil unit penerangan KB sebagai sarana komunikasi, informasi dan edukasi peogram KKBPK serta untuk meningkatkan cakupan dan operasional informasi program KKBK,” timpalnya.

Setiba di kabupaten Sanggau, rombongan diterima langsung oleh Sekda Sanggau, Al Leysandri dan jajaran pemerintah. Dikatakan dia, peran BKKBN dalam hal ini sangat penting untuk menyosialisasikan program KB bagi masyarakat. Terlebih di kabupaten Sanggau yang beberapa wilayah diantaranya masuk daerah terpencil dan perbatasan. “Sosialisasi dan kampanye seperti ini tentu sangat bermanfaat dalam mengenalkan lebih dalam apa itu program KB kepada masyarakat. Apalagi dengan adanya pelayanan medis di beberapa titik pemberhentian, tentu ini kami sangat respon positif,” paparnya.  

Hal itulah yang diungkapkan Amelia Sari, warga Entikong yang merasa sangat terbantu dengan kehadiran rombongan BMoTR ini. “Saya pribadi memang sudah ikut program KB dan merasakan manfaatnya. Kini saya ingin suami bisa ikut juga ber-KB. Katanya ada program KB untuk pria, makanya tadi saya banyak bertanya untuk meminta kejelasan tentang apa itu Medis Operasi Pria (MOP) yang akan diikuti oleh suami saya,” tandas ibu rumah tangga ini. (*)