Kaji Penambahan Pabrik CPO

Kaji Penambahan Pabrik CPO

  Selasa, 26 January 2016 11:12
Paolus Hadi

Berita Terkait

SANGGAU-Pemerintah Kabupaten Sanggau sedang melakukan kajian terkait dengan penambahan pembangunan pabrik Crude Palm Oil (CPO) diwilayah Kabupaten Sanggau. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada lagi Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang tidak tertampung agar petani tidak merugi.

“Jangan sampai petani sawit mengalami kerugian yang cukup besar akibat banyaknya buah sawit yang kadaluarsa atau membusuk karena tidak tertampung. Makanya pemerintah daerah mencoba untuk mengkaji penambahan jumlah pabrik CPO di Sanggau ini,” ungkap Bupati Sanggau, Paolus Hadi.Di Kabupaten Sanggau, sawit merupakan komoditi ekspor. Harganya, kata dia, tentu menyesuaikan harga dunia. Namun, pemerintah tetap berupaya agar harga sawit tetap stabil sehingga tidak merugikan petani sawit.

“Maka dari itu, bagaimana caranya agar pemilik pabrik CPO ini bisa menampung TBS para petani agar tidak ada lagi yang merugi. Kami selaku pemerintah sedang mengupayakan ini,” kata dia belum lama ini.Saat ini, ditengah pusaran arus krisis ekonomi yang melanda banyak negara didunia, termasuk di Eropa dan Amerika, bangsa ini masih dapat bertahan. Bahkan ketika banyak negara di dunia memiliki perekonomian yang melambat, bangsa ini masih dapat mencetak pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat.

“Kita semua harus kerja keras untuk meningkatkan prestasi perekonomian. Kalau ekonomi kita kuat, kesejahteraan masyarakat juga akan mudah dicapai,” ujarnya.Pembangunan ekonomi, lanjut dia, tetap akan melihat keunggulan daya saing. Selain itu, pengelolaan sumber daya alam, keunggulan warisan budaya, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Kita berupaya agar ekonomi kita terus tumbuh makin tinggi dan makin merata. Kita ingin kesejahteraan terus meningkat dan benar-benar dirasakan oleh seluruh masyararat. Perhatian yang lebih besar, sudah barang tentu kita berikan kepada lapisan masyarakat yang relatif tertinggal. Semuanya itu, memerlukan keterlibatan dan peran serta segenap komponen bangsa untuk mewujudkannya,” jelas orang nomor satu di Sanggau ini. (sgg)

 

Berita Terkait