Kades Baru Lebih Populer

Kades Baru Lebih Populer

  Selasa, 30 Agustus 2016 09:30
PILKADES: Kegiatan perhitungan hasil perolehan suara Pemilihan Kepala Desa di Batang Lupar, Kecamatan Lanjak, kemarin.

Berita Terkait

PUTUSSIBAU – Satu persatu kepala pemerintahan kecamatan (camat) menyerahkan data prolehan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) di daerahnya masing-masing. Hingga, Senin (29/8) pagi, baru Kecamatan Selimbau yang sudah menyerahkan perolehan suara masing-masing calon kepala desa. Diperkirakan, paling lambat Selasa (30/8) siang, semua kecamatan sudah menyerahkan data Pilkades.

“Sampai Senin (29/8) pagi baru Kecamatan Selimbau yang sudah menyerahkan data perolehan suara Pilkades serentak di kecamatannya. Yang lain, mungkin siang banyak menyusul?” tutur Asmiardy, kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa BPMPD Kabupaten Kapuas Hulu, Senin (29/8). Dikatakan dia, sejauh ini beberapa kecamatan penyelenggara Pilkades masih dalam perjalanan menuju Putussibau, terutama untuk kecamatan yang jauh dari kota.

Karena, diakui dia jika data dari kecamatan belum masuk semua. Asmiardy mengaku belum bisa menyampaikan hasil Pilkades serentak di 74 desa di daerah ini. “Untuk data kami belum bisa sampaikan. Karena data belum terkumpul semua,” jelasnya.

Namun secara keseluruhan, kata dia, penyelenggaraan Pilkades di 74 desa berjalan lancar. Dan itu, menurut dia, berkat dukungan dari berbagai pihak, terutama dari unsur Muspika.

Sementara itu, Walidat, kepala Kecamatan Jongkong, mengatakan bahwa pelaksanaan Pilkades di daerahnya terbilang aman dan lancar. Untuk hasilnya, disebutkan dia bahwa di Desa Jopa (Jongkong Pasar) dimenangkan Siaful Anwar, dengan prolehan 153 suara. Sementara calon lainnya, diungkapkan dia seperti Syamsul Bahri  (45 suara),  Saharman (30 suara), Riamdi (121 suara), dan Syafarudin, 97 suara. “Syaiful menang tipis dari Ramiadi,” ungkapnya, Minggu (28/8) malam.

Sementara untuk Desa Joki (Jongkong Kiri) Hulu, menurutnya, dimenangkan Sriadi, dengan perolehan suara 507, disusul Jumadi (426 suara), dan Junaidi, 30 suara. “Di Joki hanya tiga calon saja,” terangnya.

Sedangkan untuk Desa Nanga Temenang yang hanya menampilkan dua calon, menurutnya dimenangkan Abdul Hadi dengan prolehan 125 suara dan pesaing tunggalnya, Roni Martino, 85 suara.

Untuk Pilkades Ujung Said, terang Walidat lagi, Mansur menang telak dari tiga pesaingnya, dengan prolehan 164 suara. Sementara calon lainnya, dia menambahkan, yakni Jailani (7 suara), M Yamin (80 suara), dan Ahmad Yani, 114 suara. Baik Jongkong, Selimbau, serta daerah lainnya yang menyelenggarakan Pilkades, diakui dia, sebagian besar calon didominasi kades baru, terutama dari kalangan muda dan tokoh masyarakat.

Seperti di Kecamatan Selimbau, diungkapkan dia, hanya Desa Benuis yang dimenangkan petahana, yakni Panus masih bertahan. Sedangkan Desa Piasak, diungkapkan dia, dimenangkan oleh Edy, mantan Ketua BPD Piasa yang sebelumnya mengundurkan diri. Untuk Desa  Sekulat, disebutkan dia bahwa Abang Indra Saputra dari kalangan muda, berhasil menarik perhatian pemilih dengan perolehan terbanyak. Terakhir, Desa Leboyan, diakui dia bagaimana Samsul Bahri juga dari tokoh muda memenangkan hati warganya.

“Incumbent dan perangkat desa yang mencalonkan diri tidak ada yang terpilih. Padahal pendekatan mereka kepada masyarakat cukup baik,” terang Bagong, kepala Kecamatan Selimbau saat di Putussibau, Senin (29/8). Dia mengaku Pilkades di Kecamatan Selimbau tidak ada kendala. Walaupun, diungkapkan dia juga jika di awal perhitungan suara ada sedikit pedebatan, tetapi bisa diselesaiakn di tingkat TPS masing-masing.(aan)

Berita Terkait