Kader Posyandu

Kader Posyandu

  Jumat, 8 April 2016 09:06
KADER: Kader Posyandu yang digelar Dinas Kesehatan Kayong Utara di Pantai Pulau Datok. DANANG PRASETYO/Pontianak Post.

Berita Terkait

DINAS Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kayong Utara (KKU), menyelenggrakan Jambore Kader Posyandu Tingkat Puskesmas tahun 2016 untuk wilayah Kecamatan Sukadana, di Pantai Pulau Datok, Kamis (7/4).

Kepala Bidang Kesehatan Keluarga dan Promosi Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara Fahrun Najmi, mengatakan Jambore  sebagai sebuah jenjang untuk mengikuti Jambore selanjutnya, yakni tingkat kabupaten. Kegiatan ini rutin diadakan Dinas Kesehatan setiap tahunnya sekaligus ajang silahturrahmi antar Kader Posyandu.

Ditambahkannya, ada 18 Posyandu yang bernaung dibawah Puskesmas Sukadana, dimana 1 posyandunya terdapat 5 anggota, sehingga keseluruhan Kader Posyandu yang ada di Kecamatan Sukadana ini berjumlah 90 orang Kader. Namun pada penyelenggaraan kali ini, Dinas Kesehatan hanya mengundang 4 orang dari masing-masing Posyandu.

“Jambore Kader Posyandu ini juga sebagai sebuah reward dari Dinas Kesehatan terhadap mereka. Karena Kader posyandu ini merupakan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM). Artinya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Dengan kata lain, mereka ini bekerja dengan sukarela tanpa ada honor,”terang Fahrun.

Ia juga menerangkan, hingga saat ini belum ada sebuah payung hukum yang bisa pihak Dinas Kesehatan menganggarkan honor untuk Kader Posyandu. Dan juga pada saat ini Posyandu menjadi kewenangan sebuah desa untuk mengelolanya. Kegiatan seperti inilah (Jambore Kader Posyandu, Red) sebagai sebuah reward dari Dinas Kesehatan.

Mengenai hal ini, terdapat lima  lomba yang kali ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan. Yakni Cerdas Cermat, Penyuluhan, Menu Sehat, Permainan serta Lomba Pengisian KMS (Kartu Menuju Sehat).

Seorang kader, Fatimah (38) sangat antusias untuk mengikuti jambore yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara. Selain sebagai ajang silahturrahmi, juga sebagai menambah pengetahuan dirinya dalam hal kesehatan.

“Banyak manfaatnya saat saya mengikuti Kader Posyandu ini. Saya jadi paham bagaimana memberikan gizi yang baik bagi anak saya. Selain itu saya juga bisa bersosialisasi dan bertukar pikiran dengan kader-kader yang lainnya,”tutup Fatimah. (dan)

Berita Terkait