Kabut Hilang, Banjir Datang

Kabut Hilang, Banjir Datang

  Selasa, 10 November 2015 11:06
BANJIR : Curah hujan dalam sepekan terakhir ini cukup tinggi sehingga berdampak pada meluapnya air sungai Kapuas.MUSTA’AN/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Intensitas curah hujan di bumi uncak kapuas dalam sepekan terakhir ini cukup tinggi. Sehingga membuat beberapa daerah di Kota Putussibau terendam banjir. Salah satu di Kelurahan Kedamin Hilir Kecamatan Putussibau Selatan dan beberapa daerah kecamatan lainnya. Banjir mulai menggenangi rumah warga, lahan pertanian serta Sekolah Dasar Negeri (SDN) 10 sempat diliburkan. Dibeberapa tempat, terurama di SDB 10 ketinggian banjir hampir dua meter. Baharun,  Ketua RT 08 RW 02 saat ditemui dirumahnya mengatakan. Banjir melanda daerahnya kemarin, hampir dua meter tinggi air. Daerahnya setiap memasuki musim penghujan seperti selalu kebanjiran karena meluapnya sungai Kapuas. "Tahun 2010, banjir disni dengan ketinggian airnya lima meter,"katanya Senin (9/11).

Baharun mengatakan, sudah seharusnya pemerintah memberikan perhatian pada mereka, terutama melakukan peninggian jalan maupun memperbaiki irigasi."Selama ini kalau ada banjir disini, kami tak pernah mendapatkan bantuan," ucapnya. Akibat banjir, warganya menjadi sulit beraktifitas seperti biasanya. Bahkan ada juga warga yang sudah mempersiapkan perahu, untuk beraktifitas sehari-hari.Dengan adanya banjir seperti ini, ia mengkhawatirkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti gatal-gatal dan diare. Untuk itu ia berharap banjir ini bisa kering secepatnya, selain itu pemerintah juga dapat memberikan perhatian pada mereka. Kasianus Kintoy Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu mengatakan hingga hari ini pihaknya belum menerima laporan.

“ Kami belum menerima laporan musibah banjir, banjir sekarang ini banjir bandang karena airnya keruh," tuturnya. Kendati laporan banjir belum ada yang masuk, pihaknya tetap melakukan monitoring dibeberapa daerah. Diakuinya saat ini memang masuk musim penghujan sehingga tidak menutup kemungkinan ada daerah yang mulai kebanjiran, karena banyak daerah di dataran rendah.Kintoy mengatakan di Kapuas Hulu ini ada beberapa potensi bencana yang harus dihadapi yakni mulai dari longsor,banjir, puting beliung dan kebakaran hutan dan lahan. Untuk banjir saat ini yang terjadi seperti di Kedamin Hilir, Pala Pulau maupun Sibau Hilir menurutnya pihaknya belum bisa menyalurkan bantuan karena status belum tanggap darurat dan perlu rapat koordinasi dahulu. (aan)

Berita Terkait