Jumpa Pers dengan Sutradara dan Pemain Star Wars

Jumpa Pers dengan Sutradara dan Pemain Star Wars

  Minggu, 13 December 2015 06:35

Berita Terkait

 Bocorkan Karakter Kylo, Adam Driver Dipelototi J.J. Abrams.   Sutradara serta pemain Star Wars: The Force Awakens seharusnya berfoto di Tokyo Disneyland kemarin. Namun, hujan deras menggagalkan rencana itu. Sebagai ganti, mereka memberikan bocoran baru untuk film yang akan rilis secara internasional pada 18 Desember tersebut.  MAHARANI WANODYA A.P., Tokyo

 
 Sehari setelah menjalani sesi red carpet bertemu fans dan media, orang-orang penting di balik Star Wars: The Force Awakens dijadwalkan melakoni dua agenda kemarin (11/12). Sutradara J.J. Abrams dan tiga pemainnya, yakni Adam Driver (Kylo Ren), Daisy Ridley (Rey), dan John Boyega (Finn), akan melakukan sesi pemotretan di Cinderella Castle Tokyo Disneyland pada pagi hari. Setelah itu, ada konferensi pers untuk media lokal dan internasional pada pukul 14.00 waktu setempat.

 Namun, cuaca yang buruk sejak pagi membuat rencana berubah. Hujan turun sangat deras. Acara photo call di salah satu taman bermain terbaik dunia tersebut pun dibatalkan. Para wartawan media cetak, online, dan TV pun gigit jari.

 Penantian hampir satu jam berujung hampa. Setelah mereka berdiri sambil menahan dinginnya cuaca dan terpaan air hujan campur angin kencang, sesi yang seharusnya istimewa tersebut tak bisa dilaksanakan. Wartawan yang sudah telanjur masuk ke area Tokyo Disneyland pun keluar lagi. ”Ini demi keselamatan para bintang tamu dan wartawan,” tutur Christina Han dari The Walt Disney Company Southeast Asia di Tokyo.

 

 Untung, acara berikutnya, yakni konferensi pers di Sheraton Grande Tokyo Bay Hotel, tetap berjalan sesuai dengan jadwal meski angin kencang di luar masih bertiup. Berbeda dengan acara red carpet pada Kamis (10/12), kali ini sutradara bernama lengkap Jeffrey Jacob Abrams tersebut agak royal buka mulut soal film besutannya.

 

 Sebelum mulai bicara tentang Star Wars: The Force Awakens, Abrams minta maaf karena acara pemotretan batal walaupun itu terjadi di luar kuasanya. ”Cuaca begitu buruk. Bahkan, kereta terpaksa dihentikan sementara. Saya sangat menghargai kalian yang sudah datang meski cuaca seperti ini,” terangnya.

 

 Cuaca di Tokyo kemarin memang tidak kondusif. Sejak pagi hujan mengguyur Tokyo Disney Resort di Urayasu, Maihama. Hujan diiringi angin kencang yang bahkan bisa membuat orang dewasa oleng saat berjalan. Menjelang tengah hari, matahari kembali bersinar. Namun, angin masih kencang bertiup.

 

 Sebagai obat kecewa untuk para wartawan yang gagal dapat foto cantik, Abrams dkk mau bercerita lebih panjang soal film ketujuh Star Wars tersebut. Misalnya, karakter baru Rey. Bagi Abrams, Rey adalah perempuan berkarakter kuat yang berjiwa besar. ”Cerita kali ini berpusat pada Rey yang baru saja menemukan tempatnya di dunia. Droid BB-8 adalah teman pertama Rey,” ucap pria yang juga menyutradarai Star Trek Into Darkness tersebut.

 

 Abrams memuji BB-8 sebagai droid yang kepribadiannya unbelieveable. ”Dia karakter mengagumkan yang dimainkan secara brilian oleh para puppeteers di lokasi syuting. Nasib mempertemukannya dengan Finn, karakter yang diperankan John (Boyega),” ungkapnya.

 

 Ketika awak media Jepang terus merayunya untuk membagi sedikit plot Star Wars: The Force Awakens, Abrams dengan tegas menjawab, ”No. Dari trailer yang sudah beredar, penonton bisa mendapatkan gambaran seperti apa film ini. Bagian pentingnya silakan nonton sendiri di bioskop. Kalau saya beri tahu kalian sekarang, pasti akhirnya tersebar ke mana-mana,” ujarnya.

 

 Meski demikian, Abrams berbaik hati membocorkan rahasia kecil. ”Dalam film ini ada planet bernama Takadano. Nama itu saya ambil dari nama hostel di daerah Takadanobaba, tempat saya menginap waktu pertama datang ke Jepang,” ucapnya, lantas tertawa.  

 

 Jika pada event sehari sebelumnya irit bicara, Adam Driver kali ini menumpahkan perasaan soal karakter Kylo Ren. Untuk menghidupkan peran komandan The First Order tersebut, Driver merujuk pada Star Wars buatan George Lucas. ”Selain itu, saya terinspirasi dari film-film karya Akira Kurosawa seperti Seven Samurai,” katanya.

 

 Kostum Kylo Ren, menurut Driver, sudah berbicara banyak. Helmnya, misalnya, terutama bagian mata. Pada topeng Darth Vader, para penonton bisa melihat matanya sehingga yang ada dalam pikirannya bisa terbaca.

 

 ”Namun, saat mereka (tim produksi) menyodorkan topeng (Kylo Ren), bagian matanya tak ada. Penonton harus menatap lebih dalam sehingga menurutku ini menarik. Kostumnya menjadi sebuah metafora dari film dan karakter yang kuperankan,” jelas Driver.

 

 Begitu pula lightsaber merah milik Kylo yang mencerminkan karakter yang digembar-gemborkan sebagai new evil villain tersebut. ”Lightsaber-nya terkesan bisa tak berfungsi sewaktu-waktu, bisa meledak kapan pun, sangat handmade, dan tampak tidak terasah,” ujarnya.

 

 Sssst, asal tahu saja, tampaknya, Driver bermaksud mengungkap lebih banyak fakta soal karakter Kylo. Sayang, pemeran Jamie dalam While We’re Young (2014) itu mendapat lirikan maut dari Abrams yang duduk di sebelah kanannya. Driver langsung memenggal pernyataannya dengan setengah gelagapan. 

 

 Daisy Ridley juga curhat soal pengalamannya beradu akting dengan Harrison Ford, pemeran Han Solo. Dalam salah satu adegan, Rey duduk bareng Han Solo di kokpit Millennium Falcon. ”Sangat menyenangkan syuting bareng Harrison Ford. Dia baik, lucu, dan seperti ayahku sendiri,” puji Ridley.

 

 Selain soal film, Daisy Ridley dan John Boyega menceritakan kegiatannya selama di Jepang. ”Saya nonton kabuki, pergi ke Harajuku untuk shopping, dan mencicipi makanan-makanan enak,” kata Ridley.

 

 Perempuan yang kemarin membalut tubuhnya dengan long sleeve dress dengan aksen bling-bling tersebut sangat terkesan dengan Tokyo. ”Banyak hal menarik di sini. Atmosfernya juga nyaman,” ujarnya.

 

 Berbeda dengan Ridley yang sudah pernah berkunjung ke Jepang pada April lalu, John Boyega begitu menikmati lawatan perdananya. Boyega bertualang ke kawasan Akibahara yang juga dikenal sebagai Akiba itu. Dia pun dibuat terkesima. ”Keren banget! Di sana saya belanja barang-barang yang sebenarnya tidak saya butuhkan dan tahu tak bakal dipakai tapi membuat saya senang. Contohnya, drone dan robot,” tuturnya.

 

 Karena waktu terbatas, hanya sekitar 45 menit termasuk sesi foto, hanya tiga wartawan –seluruhnya dari Jepang– yang mendapat kesempatan bertanya langsung. Buat fans yang penasaran ingin melihat sentuhan midas-nya pada Star Wars, J.J. Abrams berpesan singkat, ”Tunggu saja minggu depan!” (*/c10/ayi)

Berita Terkait