Juara Lomba PHBS dan CTPS 2016

Juara Lomba PHBS dan CTPS 2016

  Rabu, 26 Oktober 2016 09:36

Berita Terkait

MEMPAWAH- Setelah melakukan proses penilaian yang ketat, panitia lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) 2016 tingkat Kabupaten Mempawah mengumumkan hasilnya. MIS Nurul Hasanah Siantan dan SDN 09 Segedong tampil sebagai pemenang di masing-masing kategori.

Pada kategori lomba PHBS, tim penilai memberikan poin tertinggi kepada MIS Nurul Hasanah Siantan, sedangkan pemenang kedua diraih SDN 09 Wajok, ketiga SDN 09 Segedong, keempat MIN SBBL Sungai Pinyuh dan kelima SDN 25 Peniraman.

Sedangkan kategori lomba CTPS dimenangkan oleh SDN 09 Segedong, juara kedua MIN SBBL  Sungai Pinyuh, juara tiga SDN 25 Peniraman, harpaan I, SDN 05 Anjongan dan harapan II, SDN 18 Takong.

“Ada delapan indikator dalam penilaian lomba PHBS ini. Diantaranya, mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat dikantin sekolah, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga yang teratur dan terukur,” ungkap Kasi POMKES & PSM Dinkes Mempawah, Utin Erni Savitri, S. Km, M.Ph, Selasa (25/10) di kantornya.

“Kemudian, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap 6 bulan serta membuang sampah pada tempatnya,” sambung Erni.

Selain melaksanakan lomba PHBS, Erni menuturkan, pihaknya juga menggelar lomba CTPS tingkat sekolah. Berbagai kegiatan lomba tersebut ditujukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat di Kabupaten Mempawah.

“Dengan juri yang sama, kami melakukan penilaian Lomba CTPS antar sekolah dalam rangka Hari Cuci Tangan Se-dunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Dalam penilainnya, kami memperhatikan enam aspek. kesesuaian langkah cuci tangan, ketepatan waktu, kekompakan gerakan, menarik dan kelengkapan tempat cuci tangan dan keseragaman pakaian,” papar Erni.

Lebih jauh, dirinya mengatakan, lomba CTPS merupakan salah satu dari delapan indikator PHBS di lingkungan sekolah. Maka, penerapan CTPS di kalangan pelajar sangat penting dan strategis dalam upaya menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat dan berkualitas.

“Secara umum, lomba PHBS dan CTPS ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa/siswi, guru, penjaga sekolah, petugas kantin dan orang tua siswa itu sendiri. Karenanya, penerapan PHBS sangat penting bagi sekolah. Sebab, banyak manfaat yang akan dicapai. Terutama melindungi sekolah dan lingkungannya dari ancaman penyakit,” pungkasnya.(wah)

Berita Terkait