Jualan Gorengan Bercampur Aneka Kue

Jualan Gorengan Bercampur Aneka Kue

  Sabtu, 2 January 2016 10:27
GUNAKAN GEROBAK: Usaha gorengan dengan gerobak cukup strategis menjangkau para pembeli. HARYADI/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PONTIANAK  - Pedagang gorengan kini telah melakukan berbagai inovasi dengan tujuan agar cemilan produk mereka dapat dilirik pembeli. Selain itu mereka juga ingin praktis agar bisa berjualan berpindah-pindah tempat yaitu dengan menggunakan gerobak.

Ditemui Probis di tepian Jalan H. Rais A. Rahman, Jumat kemarin, Misrukiyah tengah sibuk mengupas pisang nipah untuk segera digoreng dan diual ke pelanggan setianya. Tidak seperti pedagang gorengan yang memiliki tempat, ia justru memilih berdagang gorengan dengan menggunakan gerobak.

Mesti sedikit repot karena harus membawa semua peralatan perlengkapan dagangnya dari rumah ke lokasi tempat ia berjualan. Tetapi itu tak jadi kendala buatnya. Menurutnya, berjualan gorengan menggunakan gerobak juga ada untungnya. Salah satunya ia bisa berpindah-pidah tempat karena gerobak dapat dibawa ke mana saja.

Ketika berbicara mengenai omzet, ternyata keuntungan pedagang gorengan pakai gerobak tak kalah mentereng dengan pedagang gorengan yang memiliki kios atau tempat tetap. Dikatakan dia, dalam sehari ia bisa mendapat untung sekira Rp 1,2 - Rp 1,3 juta. Untuk harga perbutir tiap gorengan, ia banderol harga Rp 800. “Untuk harga tak ada bedanya. Tetapi jika orang titip kue di gerobaknya, maka harganya Rp 1000,” ungkapnya.

            Di gerobaknya itu, ia tidak hanya menjual gorengan. Misrukiyah juga menampung kue-kue yang dititip orang, seperti kue-kue tradisional Kota Pontianak. Kue-kue titipan itu cukup banyak peminat dikarenakan tidak semua lidah masyarakat suka dengan cemilan gorengan. Makanya ia memanfaatkan gerobak karena dapat menampung banyak kue dengan aneka rasa.

Wahyu salah satu pembeli mengaku sering membeli aneka cemilan di tempat pedagang-pedagang menggunakan gerobak. Menurutnya, membeli cemilan pedagang gerobak cepat dan simpel. “Biasanya pedagang gorengan yang menggunakan gerobak tidak hanya menyediakan cemilan gorengan saja. Ada jenis kue lain yang bisa dipilih, bisanya kue itu adalah kue tradisional Pontianak,” ucapnya.

Banyaknya pilihan variasi kue itu membuat ia lebih memilih membeli kue di gerobak pedagang. “Saya tidak terlalu suka gorengan. Makanya saya cari pedagang yang menyediakan banyak jenis kue di gerainya. Dengan begitu saya bisa membeli sebagian gorengan dan sebagian lagi kue tradisional sehingga cemilan yang didapatkan beraneka rasa,” tutrnya.(iza)

Berita Terkait