Jual Daging Beruang Hitam dengan Akun Facebook

Jual Daging Beruang Hitam dengan Akun Facebook

  Rabu, 31 Agustus 2016 20:50

Berita Terkait

PONTIANAK - Entah apa yang dipikirkan pemuda dengan akun Facebook bernama Rossi Kuale. Dia secara terang-terangan menjual daging beruang madu di forum jual beli Jawai Berjualan. "Siapa maol beli binatang ini?" tanyanya di grup Facebook itu

Menurut pengakuannya di salah satu komentar, beruang madu yang di dalam foto tengah disembelih itu didapatnya dari hasil berburu di hutan. "Polehan nembak coi ble u nk blik," ujarnya membalas pertanyaan akun lain dengan bahasa Sambas.

Beruang madu adalah hewan yang hidup di hutan-hutan Kalbar. Statusnya kini terancam punah. Hewan ini dilindungi menurut PP No 7 tahun 1999 dan UU No 5 tahun 1990. Aksi perburuan dan pembunuhan beruang madu jelas bertentangan dengan aturan tersebut.

Menurut UU  No 5 tahun 1990, barang siapa yang sengaja menangkap, melukai, dan membunuh hewan yang dilindungi UU terancam hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 100.000.000.

Beruang madu biasa diburu untuk dimanfaatkan empedunya. Dipercaya, empedu hewan itu bisa menyembuhkan ragam penyakit walau tak terbukti secara ilmiah. (ars)

Berita Terkait